Pengaruh Penggunaan Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa

Tobiin, (2014) Pengaruh Penggunaan Metode Penemuan Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42754.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) perbedaan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan (3) hubungan antara pemahaman konsep matematika dan disposisi matematis siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 1 Sungkai Utara Tahun Pelajaran 2013/2014 berjumlah 133 siswa dengan sampel kelas IXB sebagai kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing dan kelas IXC sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan Posttest-Only Control Design. Instrumen dalarn penelitian ini berupa tes pilihan ganda untuk mengumpulkan data pemahaman konsep dan angket untuk mengumpulkan skala disposisi matematis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dan uji korelasi Pearson product moment, setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Dari basil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan (3) hasil penelitian juga menunjukkan adanya korelasi positif antara pemahaman konsep dan disposisi matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42754.pdf
Uncontrolled Keywords: guided discovery method, mathematical concepts understanding,mathematical disposition, metode penemuan terbimbing, pemahaman konsep matematika,disposisi matematis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 30 Jan 2018 04:15
Last Modified: 30 Jan 2018 04:15
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7200

Actions (login required)

View Item View Item