Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Siswa Kelas VII pada Pembelajaran Perbandingan di SMPN 11 Kota Bima

Wirahmad, Ika (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Siswa Kelas VII pada Pembelajaran Perbandingan di SMPN 11 Kota Bima. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42829.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Keabstrakan objek matematika dan pendekatan pembelajaran yang kurang tepat, menjadi faktor penyebab sulitnya belajar matematika bagi para siswa. Mereka merasa apa yang dipelajarinya kurang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mereka merasa "dipaksa" untuk mempelajari sesuatu yang berada di luar jangkauan daya pikirnya. Pada pembelajaran matematika di sekolah, sebagian besar guru masih mendominasi proses mengajar belajar dengan menerapkan pendekatan pembelajaran konvensional dan metode ceramah sebagai metode utama. Pada umumnya guru memulai pembelajaran, langsung pada pemaparan materi (definisi dan teorema), kemudian pemberian contoh soal dan selanjutnya mengevaluasi siswa melalui latihan soal. Dalam hal ini, siswa menerima pelajaran matematika secara pasif dan bahkan hanya menghafal rumusrumus tanpa memahami makna dan manfaat dari apa yang dipelajarinya. Akibatnya, prestasi belajar matematika di Indonesia masih relatif rendah dan tidak mengalami peningkatan yang berarti. Oleh karena itu, perlu dipikirkan cara penyajian atau suasana pembelajaran matematika yang memungkinkan anak mudah memahami dan merasa senang belajar matematika. Pembelajaran matematika khususnya di jenjang pendidikan dasar harus dikaitkan dengan pengalaman kehidupan nyata siswa sehingga apa yang dipelajarinya menjadi bermakna dan dirasakan sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pendekatan pembelajaran matematika yang mengaitkan pengalaman kehidupan nyata siswa dengan pembelajaran matematika adalah Pembelajaran Matematika Realistik. Hal ini memberi inspirasi bagi penulis untuk menerapkan pendekatan pembelajaran matematika realistik untuk materi pokok Perbandingan di SMP kelas VII Adapun tujuan penelitian ini adalah: Untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika realistik yang baik/valid untuk Siswa Kelas VII pada Pembelajaran Perbandingan di SMPN 11 Kota Bima. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan yang dimaksud adalah penelitian yang dilakukan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran matematika realistik untuk materi pokok Perbandingan di SMP kelas VII. Proses pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi model pengembangan perangkat pembelajaran menurut Thiagarajan, Semmel & Semmel yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Namun dalam penelitian ini, tahapan pengembangan hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Hasil pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini adalah Rencana Pembelajaran (RP), Buku Guru, Buku Siswa, LKS dan Tes Hasil Belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Berdasarkan pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model 4-D yang telah dimodifikasi, dihasilkan perangkat pembelajaran matematika realistik yang baik/valid untuk materi pokok perbandingan. Perangkat pembelajaran tersebut terdiri dari Rencana Pembelajaran (RP), Buku Guru, Buku Siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Tes Hasil Belajar yang dapat dilihat pada lampiran A.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42829.pdf
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Perangkat, Pembelajaran Matematika Realistik, Perbandingan, The Developing of Instrument, The study of Realistic Mathematics, Comparison
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2018 06:19
Last Modified: 07 Nov 2018 06:19
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7529

Actions (login required)

View Item View Item