Studi Komparasi Metode Pembelajaran Inquiri dan Student Teams Achievement DivisionsTerhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika di SMPN 2 Sumbawa Besar

Jamila, Amnal (2017) Studi Komparasi Metode Pembelajaran Inquiri dan Student Teams Achievement DivisionsTerhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika di SMPN 2 Sumbawa Besar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43105.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa dikarenakan metode yang digunakan oleh guru cendrung monoton dan kurang bervariasi. Guru harus mampu menggunakn metode yang lebih bervariasi didalam pembelajaran agar dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan serta perbedaan keefektifan penerapan metode pembelajaran inquiri dan Student Teams Achievement Divisions(STAD) terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi kubus dan balok. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Sumbawa Besar, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII dan menggunakan dua kelas eksperimen yang diambil dua kelas secara acak sebagai sampel yaitu Kelas VIII.4 (eksperimen 1 menggunakan metode inquiri) dan kelas VIII.5 (eksperimen 2 menggunakan metode STAD). Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Pretest Post/est Non equivalent Group Design Data dikumpulkan dari hasil pretest dan postest. Selanjutnya data diuji dengan score gainternormalisasi, uji one sampel t test dan uji independen t. Hasil penelitian ini: 1 )Terdapat perbedaan keefektifan prestasi belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan metode pembelajaran inquiridengan perolehan nilai sig. 0,000< 0,05 pada uji one sampe/ t test dengan hasil rata-rata score gainternormalisasi 0,68, 2) Terdapat perbedaan keefektifan prestasi belajar sebelum dan setelah menggunakan metode pembelajaran STAD dengan perolehan nilai sig. 0,000< 0,05 pada uji one sampel t test dan hasil rata-rata score gainternormalisasi 0,85,3) Terdapat perbedaan keefektifan metode pembelajaran inquiri dan metode pembelajaran ST AD terhadap prestasi bela jar siswa dalam pembelajaran matematikadengan perolehan nilai sig. 0,000<0,05 pada uji independen t. Berdasarkan nilai rata-rata score gain ternormalisasi pada kelas STAD lebih tinggi dari kelas inquiri. Dengan demikian metode pembelajaran STAD lebih efektif meningkatkan prestasi belajar dibandingkan metode pembelajaran inquiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 431058.pdf
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, metode pembelajaran inquiri, STAD (Student Teams Achievement Division), Learning achievement, Inquiry Learning Method
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 29 Nov 2018 04:41
Last Modified: 29 Nov 2018 04:41
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7686

Actions (login required)

View Item View Item