Hubungan Kemampuan Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Batu Ampar)

Yuliawati, Fitriyah (2018) Hubungan Kemampuan Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Batu Ampar). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43495.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Guru dalam fungsinya memiliki tugas utama memberikan pembelajaran yang aktif, sehingga siswa diharapkan mampu menemukan potensinya sendiri, hal ini akan berdampak pada perkembangan siswa yang optimal.Tujuan penelitian adalah menguji kualitas kompetensi guru, menguji kualitas belajar siswa, menguji tingkat motivasi belajar siswa, menganalisis hubungan kemampuan kompetensi guru dengan basil belajar siswa, menganalisis hubungan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa, menganalisis hubungan interaktif kualitas kompetensi.guru dan tingkat motivasi belajar siswa secara bersama-sama dengan basil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengukur hubungan antara kompetensi guru terhadap basil belajar siswa, motivasi belajar terhadap hasil belajar serta motivasi belajar dan kompetensi guru secara bersama-sama terhadap basil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian survei. Jenis ini dipilih karena peneliti memperoleh informasi melalui sebaran angket berupa tertulis maupun lisan yang ditujukan kepada sampel penelitian. Rancangan penelitian survei ini menggunakan survei sekali waktu (CrossSectional Survei). Hasil analisis menggunakan uji t didapatkan bahwa kompetensi guru dinyatakan berpengaruh signifikan terbadap basil belajar siswa Karena t hitung > t tabel ( - 0,565 > - 2,012) maka Ho ditolak. Motivasi belajar berpengaruh signifikan terbadap basil belajar siswa Karena t hitung > t tabel (4,445 > 2,012) maka Ho ditolak. Kualitas pembelajaran terhadap basil belajar berpengaruh terhadap basil belajar siswa karena t hitung > t tabel ( 3,565 > 2,012) maka Ho ditolak. Uji F diperoleh Kompetensi guru dan motivasi belajar secara bersama - sama berpengaruh terhadap basil belajar siswa karena F hitung > F tabel (19,847 > 3,195) maka H0 ditolak. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa apabila kompetensi guru ditingkatkan akan berpengaruh pada hasil belajar siswa dan apabila motivasi belajar ditingkatkan, maka akan diikuti oleh peningkatan hasil belajar siswa, serta kualitas pembelajaran yang ditingkatkan berpengaruh terhadap meningkatnya basil belajar siswa. Kesimpulan dari keseluruhan di atas adalah bahwa variabel kompetensi gum, kualitas pembelajaran dan motivasi belajar berpengaruh terbadapap basil belajar siswa di sekolab dasar negeri kecamatan Batu Ampar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43495.pdf
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru, kualitas pembelajaran, motivasi belajar siswa, hasil belajar siswa, Teachers competency, learning quality, student learning motivation, student's result.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other StudiesĀ for Elementary Education (Lain-lainĀ untuk Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.9598 Elementary Education in Indonesia (Pendidikan Dasar di Indonesia)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 16 Apr 2019 02:16
Last Modified: 14 Dec 2023 03:48
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8217

Actions (login required)

View Item View Item