Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri yang Berbasis Pendekatan Ilmiah untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama

Muin, Miftahul (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri yang Berbasis Pendekatan Ilmiah untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41804.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran geometri berbasis pendekatan ilmiah untuk siswa kelas VIII sekolah menengah pertama pada materi Teorema Pythagoras. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), penilaian autentik dan media pembelajaran. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah ahli, guru, dan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang telah dimodifikasi sehingga hanya memuat tahap Define, Design dan Develop. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, lembar validasi, lembar keterlaksanaan, angket dan basil belajar. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif. Kualitas perangkat pembelajaran ditinjau dari tiga aspek, yaitu validitas, kepraktisan, dan keefektivan. Validitas perangkat pembelajaran didasarkan atas pendapat validator,kepraktisan didasarkan atas keterlaksanaan, respon guru dan siswa, dan keefektivan didasarkan atas hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah dinilai valid oleh para ahli. Aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran telah memenuhi kriteria efektif. Persentase keterlaksanaan pembelajaran saat uji coba sebesar 96,75%. Respon guru dan siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan ilmiah adalah positif, siswa menyatakan LKS disajikan secara sistematis sehingga mudah untuk dipahami. Sedangkan 98,5% siswa menyatakan media pembelajaran yang digunakan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam proses belajar mengajar dan 94,5% siswa merasa senang terhadap kegiatan tugas projek. Hasil belajar siswa juga menunjukkan persentase yang baik, 80,6% siswa dinyatakan tuntas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41804.pdf
Uncontrolled Keywords: Expanding, Learning Tools, Scientific Approach,Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Ilmiah
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School (Sekolah Menengah Pertama, SMP)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 04 Aug 2016 02:51
Last Modified: 19 Feb 2019 03:26
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/843

Actions (login required)

View Item View Item