Astutik, Wiji (2018) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Menulis Puisi Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43603.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Berpuisi dapat membangkitkan dan mengembangkan potensi emosional sekaligus kemampuan berpikir, dan keterampilan psikis. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa guru dan siswa menunjukkan bahwa motivasi siswa kurang pada pembelajaran menulis puisi sehingga hasil belajarnya juga kurang baik. Hasil penelitian terdahulu menyatakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pembelajaran CTL terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam menulis puisi di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jeuis metode quasi eksperimen yang digunakan peneliti adalah Nonequivalent Control Group Design yang menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran CTL, dan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung. Subyek penelitian yang digunakan sebanyak 4 kelas yang berasal dari dua sekolah yaitu dari SDN Tanjunganom I dan SDN Tanjunganom 4. instrumen yang digunakan meliputi: (1) tes, dan (2) nontes. Tes yang digunakan adalah pretest dan posttest. Kegiatan penilaian nontes dengan cara observasi, angket, dan wawancara terbatas. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah teknik analisis korelasi Product Moment dan Regresi Linier Ganda. Teknik analisis ini dibantu dengan menggunakan Program Statistik SPSS R. 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: I) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara pembelajaran CTL dengan motivasi belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 1,319 dan 1,019. 2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara pembelajaran CTL dengan hasil belajar menulis puisi dengan koefisien korelasi sebesar 0,669 dan 0,742. Kesimpulannya bahwa pendekatan CTL memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar menulis puisi di sekolah dasar.
Actions (login required)
View Item |