Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Di Sekolah Dasar Pada UPT-PPD Kecamatan Sebuku

Endang, (2018) Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Di Sekolah Dasar Pada UPT-PPD Kecamatan Sebuku. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43682.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran, menganalisis implementasi manajemen mutu pendidikan dalam penyelenggaraan di sekolah dasar pada UPTPPD di Kecamatan Sebuku dan menganalisis faktor-faktor penghambat dalam implementasi manajemen mutu pendidikan dalam penyelenggaraan di sekolah dasar. Penelitian ini menggunak.an pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Sekolah Dasar di UPT PPD Kecamatan Sebuku. Objek dalam penelitian ini adalah Peningkatan Mutu Pendidikan. Setting dalam penelitian adalah Sekolah Dasar di UPT-PPD Kecamatan Sebuku. Pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara. Adapun teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen mutu pendidikan di Sekolah Dasar pada UPT PPD Kecamatan Sebuku, ada dua yaitu faktor pendukung dan faktor pemharubat: a) Faktor pendukung dalam implementasi manajemen mutu pendidikan adalah faktor tenaga ahli sangat mendukung dalam manajemen pendidikan yang mengatur dalam perencanaan pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Perencanaan pendidikan yang baik dan disertai dengan tenaga ahli yang baik perencanaan akan mencapai suatu tujuan manajemen pendidikan . Perencenaan pendidikan yang baik harus didukung dengan adanya pengorganisasin agar terlihat jelas tentang tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh setiap organisasi sekolah yang meliputi: cara manajemen, organisasi pengelompokan kegiatan, pendelegasian wewenang, rentang kendali dan struktur organisasi. b) faktor penghambat dalam implementasi manajemen mutu pendidikan rendahnya sarana fisik, kualitas guru, prestasi siswa, pemerataan pendidikan dan masalah efektivitas, efisiensi dan standardisasi pengajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43682.pdf
Uncontrolled Keywords: Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan, Implementation of Education quality management
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.83 Management Quality (Manajemen Mutu / ISO)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 22 May 2019 02:52
Last Modified: 22 May 2019 02:52
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8438

Actions (login required)

View Item View Item