Pengaruh Kemampuan Tahfidz Al Qur' An Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SDIT Tunas Islam Global

Subawanto, Tony (2018) Pengaruh Kemampuan Tahfidz Al Qur' An Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SDIT Tunas Islam Global. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43532.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

pengembangan dari pendidikan agama Islam. Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kemampuan tahfidz AI Qur'an terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa-siswi SDIT Tunas Islam Global (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa siswi SDIT Tunas Islam Global (3) pengaruh kemampuan tahfidz AI Qur'an dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap basil belajar pendidikan agama Islam siswa-siswi SDIT Tunas Islam Global . Penelitian ini termasuk jenis penelitian yang menggunakan mc dc kuantitatif dengan penarikan kcsimpulan melalui analisis statistik. Adapun lokasi penelitian dilaksanakan pada SDIT Tunas Islam Global Cileungsi Bogor, yang menjadi populasi adalah seluruh siswa-siswi tahun pelajaran 2017-2018 berjumlah 254 siswa, dan sampel penelitian berjumlah 127 orang siswa yang terdiri dari kelas 2, 3 dan 4. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/Quesioner dengan skala Likert dan pengambilan tes kemampuan tahfidz serta tes tertulis soal pendidikan agama Islam. Teknik analisis data meliputi (1) uji instrumen, uji validitas dan reliabilitas (2) uji prasyarat penelitian yang terdiri dari uji normalitas dan homogenitas (3) uji hipotesis dengan menggunakan uji korelasi, uji F, uji T, uji regresi linear berganda dan uji determinasi. Hasil penelitian (I) terdapat pengaruh yang positif kemampuan tahfidz AI Qur'an terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa-siswi SDIT Tunas Islam Global dibuktikan dengan nilai sig. uji-t 0,004 < 0,05 dan t hitung 2,964 > t tabel 1,645 (2) terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa-siswi SDIT Tunas Islam Global dibuktikan dengan nilai sig. uji-t 0,038 .< 0,05 dan t hitung 2,102 > tabel 1,645, (3) terdapat pengaruh positif kemampuan tahfidz AI Qur'an dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa-siswi SDIT Tunas Islam Global dibuktikan dengan nilai sig. uji-F 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 9,129 > F Tabel 3,066. Koefisien determinasi (R2) variabel X1 dan X2 terhadap Y sebesar 12,8%. Sedangkan sisanya sebesar 87,2% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43532.pdf
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Tahfidz AI Qur'an, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Pal, The Ability of Memorizing AI Qur'an, reaming Motivation, Learning result of Islamic education.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.02 Private Schools (Sekolah Swasta)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.0712 Catholic Religious Schools (Sekolah Keagamaan Katholik)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 27 May 2019 02:11
Last Modified: 27 May 2019 02:11
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8477

Actions (login required)

View Item View Item