Pengembangan Bahan Ajar Membaca Dan Menulis Permulaan Pada Tema Lingkungan Bersih, Sehat Dan Asri Berbasis Direct Instruction Di Kelas I SD

Ariani, Dwi Ana (2017) Pengembangan Bahan Ajar Membaca Dan Menulis Permulaan Pada Tema Lingkungan Bersih, Sehat Dan Asri Berbasis Direct Instruction Di Kelas I SD. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43610.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi keterbatasan fasilitas buku ajar dan buku siswa pada terapan kurikulum 2013 bagi guru kelas 1 SD se-kota Blitar. Hal ini menyebabkan belum cukup memenuhi kebutuhan siswa dalam belajar membaca dan menulis awaL Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan bahan ajar berupa buku ajar membaca dan menulis permulaan dalam pada tema Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri berbasis direct instruction di kelas I SD yang valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran di kelas I SDN Karangtengah I Kota Blitar Dengan menyusun dan mengenalkan buku pengembangan bahan ajar tematik membaca dan menulis pembelajaran langsung di kelas I SD, diharapkan siswa lebih cepat dan mudah menerima pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode 4D yaitu definisi, perancangan, pengembangan, penyebaran. Subyek penelitian kelas I SD Negeri Karangtengah 1 Kota Blitar. Penelitian dikelompokkan menjadi 2 yaitu kelompok kecil sejumlah 6 siswa dengan 3 orang siswa dan 3 orang siswi dengan sebaran kemampuan dalam tingkatan mampu, sedang, kurang. Kelompok besar 30 siswa. Uji coba dilaksanakan pada kelompok kecil tanggal 3 April 2017 sampai dengan 8 April 2017. Sedangkan uji coba kelompok besar dilaksanakan pada 17 April 2017 sampai dengan 22 April 2017. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keberhasilan signifikan. Hal ini bisa dilihat dari antusias serta 81 % aktivitas siswa dalam proses pembelajaran meningkat dan pendidik lebih termotivasi mcngembangkan bahan ajar. Namun masih ditemukan kekurangannya dalam hal penyebaran karena keterbatasan waktu dan pendanaan. Efektifitas penelitian ini bisa dilihat dari respon positif siswa terhadap bahan ajar dengan skor rata- rata 3.3. Bahan ajar ini sangat berguna karena sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yang berdasarkan pendekatan direct instruction.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43610.pdf
Uncontrolled Keywords: membaca dan menulis permulaan, temallk, pembelajaran langsung, penelitian dan pengembangan bahan ajar, Beginning, thematic reading and writing, direct instruction, research and development of teaching materials.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 28 May 2019 04:47
Last Modified: 28 May 2019 04:47
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8501

Actions (login required)

View Item View Item