Riyanti, Anne (2018) Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas V SDN se-Gugus Cimanggu Cibungbulang Bogor. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43542.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar rnaternatika di Kelas V SDN se-Gugus Cimanggu Cibungbulang-Bogor yang kurang memuaskan. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisa adanya pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika, menganalisa adanya pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika, menganalisa adanya pengaruh kedisiplinan belajar dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika. Desain penelitian kuantitatif dengan populasi 279 siswa dan sampel 155 siswa menggunakan teknik simple random sampling berdasarkan tabel Kreciej dan Nomogram Harry King dengan kesalahan 5%. Instrumen penelitian berupa angket (kedisiplinan belajar) dan tes (kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika). Pengujian dilakukan dengan analisis regresi berganda. Hasil analisa pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika menunjukkan pengaruh positif dan signifikan sebesar 2,4% diperoleh t hitung 13,941 dan nihu signifikansi 0,00<0,05, maka H0 dito1ak dan H1 diterima. Hasil analisis kemampuan berpikir kritis memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika scbc sar 0,8% dip crotch hitung 16,877 dengan nilai signifikansi 0,00<0,05, rnaka Ho ditolak dan H1 diterima. Dan hasil analisis kedisiplinan be1ajar dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika sebesar 2,9% diperoleh t hitung sebesar 10,518 dengan nilai signifikansi 0,00<0,05, maka H0 ditolak dan H1, diterima.
Actions (login required)
View Item |