Pengaruh Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional, Dan Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun 20l7

Suratin, (2018) Pengaruh Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional, Dan Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun 20l7. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43599.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh motivasi belajar, kecerdasan emosi, dan kemampuan mengajar guru terhadap hasil belajar secara parsial maupun simultan. Definisi hasil belajar dalam penelitian ini adalah perolehan dari proses belajar siswa sesuai dengan tujuan pengajaran pada ranah kognitif yang meliputi aspek CJ (remember), C2 (understand), dan C3 (applying). Motivasi belajar adalah dorongan atau kekuatan mental yang mendorong. menggerakkan, dan mengarahkan siswa untuk belajar. Kecerdasan emosional adalah kemampuan kompetensi yang dimiliki siswa untuk menggunakan emosi secara efektif dalam kegiatan belajar. Kemampuan mengajar guru adalah kesanggupan atau kecakapan yang dilaksanakan guru untuk merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. dengan desain penelitian ex-post facto dan metode penelitian survei. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik stratified random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VI dan guru kelas VI dengan jumlah 90 siswa dan 6 guru yang mewakili siswa dan guru sekolah dasar kelas VI di Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk. Instrumen yang digunakan adalah angke4 lembar pengamatan, dan tos. Analisis data menggunakan regresi tinier berganda. Hasil uji hipotesis penelitian adalah: 1) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar; 2) Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar; 3) Kemampuan mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar; 4) motivasi belajar, kecerdasan emosional, dan kemampuan mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi sekolah yang ingin mendapatkan hasil belajar siswa yang maksimal. Sebaiknya maksimalkan motivasi belajar, kecerdasan emosional, dan kemampuan mengajar guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43599.pdf
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, kecerdasan emosional, kemampuan mengajar guru, hasil belajar, learning motivation, emotional intelligence, teachers competence, learning outcomes.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 29 May 2019 03:49
Last Modified: 29 May 2019 03:49
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8523

Actions (login required)

View Item View Item