Kurikulum Berbasis Kompetensi

B., M. Jafar (2013) Kurikulum Berbasis Kompetensi. Paradigma, 001 (002). pp. 274-282. ISSN 2302-8831

[img]
Preview
Text
L0024-19.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam dunia pendidikanpun sesungguhnya telah lama menjadi sorotan, dalam hal rendahnya mutu dan kualitas pelaksanaan pendidikan itu sendiri. Hal tersebut kemudian menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan kita. Pendidikan pada akhirnya harus merumuskan paradigm baru (Tilaar,2000) agar dapat menjadi alternative kunci, untuk mengeluarkan bangsa Indonesia dari himpitan baebagai persoalan tersebut, khususnya dalam hal upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia. Salah sati misi pendidikan di Indonesia adalah dalam rangka meningkatkan kualitas manusia yang produktif, mandiri, maju, berdaya saing, dalam rangka memberdayakan masyarakat dan seluruh kekuatan ekonomi. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) lahir sebagai jawaban terhadap berbagai kritikan masyarakat terhadap kurikulum 1984. Adapun karakteristik KBK adalah (1) Sistem Belajar Modul, (2) Menggunakan keseluruhan sumber belajar, (3) pengalaman lapangan, (4) Strategi individual personal, (5) kemudahan belajar dan (6) belajar tuntas.

Item Type: Article
Additional Information (ID): L0024-19.pdf
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Berbasis Kompetensi,Knowledge, Understanding,Skill Value, Attitude,dan Interest.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375 Curricula (Kurikulum)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375.001 Curriculum Development (Perkembangan Kurikulum)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375.006 Curriculum Change, Curriculum Evaluation (Perubahan Kurikulum, Evaluasi Kurikulum)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:52
Last Modified: 15 Jul 2019 04:52
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8603

Actions (login required)

View Item View Item