Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Sikap Matematis Siswa di SD Kelas 6

Suhartini, Entin Agus (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Sikap Matematis Siswa di SD Kelas 6. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43752.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://repository.ut.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi sikap siswa terhadap matematis yang kurang begitu diminati. Siswa menganggap pembelajaran matematika tidak menyenangkan serta menakutkan sehingga pembelajaran rnatematika menjadi kurang bermakna. Tujuan dari penelitian ini yaitu a. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap sikap matematis siswa di SD kelas 6, b.Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap sikap matematis siswa di SD kelas 6, c. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Leaming dengan Project Based Learning terhadap sikap matematis siswa di kelas 6. Metode penelitiannya menggunakan desain kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VI SDN 068 Sindanglaya Kota Bandung. dengan sampel Kelas VI A dan VI B SDN 068 Sindanglaya. lstrumen yang digunakan adalah instrument skala sikap. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran problem based learning dan kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran project based learning. Data hasil penelitian berupa skor pretes dan postes siswa yang diberikan pada kelas ekperimen dan kelas kontrol. Hasil data pretes dan postes dianalisis menggunakan uji normalitas kemudian dilakukan uji persamaan dua rata-rata nonparametrik mann-whitney. Dari basil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran problem based learning dan project based learnig memiliki perbedaan pengaruh terhadap sikap matematis siswa di SD kelas 6. Dengan kata lain sikap matematis antara siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran Project Based Learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43752.pdf
Uncontrolled Keywords: Mathematical Attitudes, Problem Based Learning Model and Learning Based Project Model,Sikap Matematis, Model Pembelajaran Problem Based Learning
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 14 Oct 2019 08:33
Last Modified: 01 Nov 2019 02:39
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8684

Actions (login required)

View Item View Item