Asiyah, Siti (2019) Pegaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di SD Kecamatan Bandar Sribhawono. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43863.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (l) peserta didik yang memperoleh metode pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki kemampuan berpikir kritis matematis lebih bailk dari pada peserta didik yang memperoleh metode pembelajaran ekspositori. (2) apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik antara kelompok motivasi tinggi, kelompok motivasi sedang dan kelompok motivasi rendah pada peserta didik yang memperoleh metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan peserta didik yang memperolah metode pembelajaran ekspositori. (3) apakah terdapat interaksi antara factor pembelajaran yang diberikan dengan kategori motivasi peserta didik terkait dengan kemampuan berfikir kritis matematis.jenis penelitian ini yaitu quasy eksperiment dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SD Kecamatan Bandar Sribhawono, dengan teknik Simple Random Sampling terpilih SDN I Sribhawono kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VC sebagai kelas kontrol. Data hasil angket dan tes kemampuan berpikir kritis matematis dianalisis menggunakan uji analis avarians dua jalur berbantuan software SPSS 17.0. Bedasarkan analisis data ditemukan hasil-hasil sebagai berikut. Pertama, kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori pada pokok bahasan pecahan. Kedua, Kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dengan kategori motivasi belajar matematika tinggi lebih baik dari pada peserta didik dengan kategori motivasi belajar matematika sedang dan rendah. Ketiga, tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar matematika tinggi, sedang, dan randah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43863.pdf |
Uncontrolled Keywords: | studying motivation, mathematics critical thinking, STAD Motivasi Belajar; Berpikir Kritis Matematis; STAD |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 18 Oct 2019 07:17 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 04:15 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8723 |
Actions (login required)
View Item |