Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 070981 Fodo

Harefa, Desnilam Kurniawati (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 070981 Fodo. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43742.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB) | Preview
Official URL: http://repository.ut.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (I) pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar; (2) pengaruh motivasi belajar tinggi terhadap hasil belajar; (3)pengaruh motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar; dan (4)pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 070981 Fodo.Populasi penelitian seluruh siswa di kelas V sebanyak 82 siswa, sampel penelitian sebanyak 70 siswa yang terdiri dari 35 siswa dari kelas V Adan 35 siswa dari kelas V B. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain factorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan anava pada siginifikansi alpa 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (l)terdapat pebedaan pengaruh antara model pembelajaran kontekstual dan konvensioanal terhadap hasil belajar siswa; (2) terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran kontekstual dan konvensional terhadap hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi; (3) terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran kontekstual dan konvensional terhadap hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah; dan (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Model pembelajaran kontekstual lebih baik digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dari pada model konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43742.pdf
Uncontrolled Keywords: contextual model, learning motivation, student learning outcomes model kontekstual, motivasi belajar, hasil belajar siswa.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 29 Oct 2019 02:10
Last Modified: 29 Oct 2019 02:19
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8754

Actions (login required)

View Item View Item