Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Stad di Sekolah Dasar Se-Gugus 1 Kendit Kabupaten Situbondo

Musayana, (2019) Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Stad di Sekolah Dasar Se-Gugus 1 Kendit Kabupaten Situbondo. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43822.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview
Official URL: http://repository.ut.ac.id

Abstract

Model pembelajaran kooperatif STAD merupakan pendekatan pembelajaran yang sederhana dan mudah dipahami. Model pembelajaran ini dirasa tepat karena menekankan pada partisipasi aktif siswa dalam kelompok belajar. Hal tersebut sesuai dengan Kurikulum 2013 saat ini yang menuntut guru untuk merubah model pembelajaran dari teacher centered menjadi student centered. Hasil observasi menunjukkan bahwa sebagian besar guru Sekolah Dasar se-Gugus I Kendit khususnya guru kelas 4 sudah menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD. Model pembelajaran kooperatif STAD yang diterapkan oleh guru diharapkan dapat meningkatkan basil belajar siswa. Akan tetapi, basil pengamatan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mendapat hasil belajar di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kenyataan tersebut menunjukkan adanya suatu masalah dalam penerapan model pembelajaran STAD se-Gugus 1 Kendit Situbondo. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru kelas 4 di Sekolah Dasar se-Gugus 1 Kendit, Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo yang berjumlah 6 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis Model Miles and Huberman. Aktivitas yang dilakukan dalam analisis data ini adalah penggolongan data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data dalam penelitian kualitatif ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif STAD di Sekolah Dasar seGugus I Kendit Situbondo menunjukkan bahwa narasumber kurang memahami mengenai langkah-langkah dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD, kesesuaian guru dalam menerapkan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif STAD serta perencanaan pembelajaran dalam model pembelajaran kooperatif STAD. Faktor pendukung dalam model pembelajaran kooperatif STAD yakni kesiapan diri guru dalam menyiapkan materi, lingkungan kelas, kemampuan guru, sarana dan prasarana serta interaksi siswa. Sedangkan, factor penghambatnya adalah perbedaan kemampuan siswa dalam menerima materi dan model pembelajaran STAD butuh waktu yang lama dalam penerapannya. Dampak yang dirasakan terhadap penggunaan metode pembelajaran kooperatif ST AD yaitu meningkatkan keaktifan siswa dan meningkatkan hasil belajar, kecakapan kerjasama, memahami perbedaan, mempermudah menguasai kelas dalam pembelajaran dan menuntut siswa untuk aktif dalam belajar, memudahkan guru untuk menyampaikan materi karena siswa yang memiliki kemampuan Jebih disebar merata di setiap kelompok. Berdasarkan simpulan tersebut diajukan saran sebagai berikut: guru hendaknya lebih mencennati dalam menerapkan langkah - langkah dalam pembelajaran kooperatif STAD agar berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43822.pdf
Uncontrolled Keywords: Cooperative Leaming Model, Cooperative STAD, STAD Cooperative Stage, Implementation of Teacher as Cluster 1 Kendit, Student Leaming Outcomes. Model Pembelajaran Kooperatif, Kooperatif STAD, Tahapan Kooperatif STAD, Penerapan Guru se-Gugus I Kendit, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 13 Nov 2019 02:56
Last Modified: 12 Dec 2023 04:32
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8801

Actions (login required)

View Item View Item