Analisis Kesiapan Guru Kelas Tinggi Se Gugus 1 Kendit Kabupaten Situbondo dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013

Imama, Nur (2019) Analisis Kesiapan Guru Kelas Tinggi Se Gugus 1 Kendit Kabupaten Situbondo dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43831.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://repository.ut.ac.id

Abstract

Kurikulum 2013 yang diterapkan sekarang merupakan penyempurnaan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dinilai belum tanggap terhadap perubahan sosial yang terjadi pada tingkat lokal, nasional, maupun global. Pemberlakuan Kurikulum 2013 menunjukkan bahwa pemerintah mempunyai harapan yang besar bagi dunia pendidikan terutama guru. Guru diharapkan mampu menggunakan metode pembelajaran yang inovatif (students centered) karena pembelajaran konvensional (teacher centered) dianggap tidak lagi mampu menjawab tantangan internal dan ekstemal. Perubahan kurikulum ini tentu menuntut adanya kesiapan dari guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Akan tetapi, masih ditemukannya guru (guru kelas tinggi) yang mengalami kesulitan dalam hal penilaian autentik kurikulum 2013, menyusun RPP sesuai kurikulum 2013, menguasai tema yang dikaitkan satu sama lain, menggunakan buku guru dan buku siswa untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, dan mengaitkan pelajaran yang diberikan dengan kehidupan social siswa. Penelitian ini mendeskripsikan kesiapan guru ditinjau dari pemahaman struktur dan materi pembelajaran kurikulum 2103, pemahaman terhadap perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013, faktor pendukung dan penghambat dalam kesiapan guru. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas 4, 5 dan 6 di SON Se Gugus 1 Kendit. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kesiapan guru kelas tinggi se gugus 1 kendit dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 yang siap sebanyak 17% dan yang tidak siap sebanyak 83% ditinjau dari pemahaman struktur dan materi pembelajaran. Kesiapan guru kelas tinggi se gugus 1 kendit dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 ditinjau dari pengembangan perangkat pembelajaran kurang memahami mengenai pembelajarn tematik terpadu, pendekatan saintifik, teknik penilaian hasil belajar siswa (penilaian sikap), dan penyusunan perangkat pembelajaran. Faktor pendukung kesiapan guru adalah kemampuan guru dalam mengembangkan materi pembelajaran, penyediaan buku ajar, sudah mengikuti pelatihan, dan bertanya antar guru. Sedangkan faktor penghambat ketidakmampuan guru dalam mengembangkan materi pembelajaran, terlambatnya atau terbatasnya buku ajar, belum mengikuti pelatihan kurikulum 2013, dan malu bertanya ke guru lain mengenai penerapan kurikulum 2013. Hasil penelitian ini hendaknya dijadikan sebagai salah satu bahan referensi oleh guru dan introspeksi untuk memperkaya diri dalam mengembangkan atau mengimplementasikan pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Sekolah diharapakan dapat memfasilitasi diskusi dengan guru-guru lain. Serta dipandang perlu adanya pelatihan atau diklat terhadap guru yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Situbondo.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43831.pdf
Uncontrolled Keywords: Master's Readiness, Curriculum Implementation 2013, Learning Structure and Material, Learning Device Development, Conformity With Curriculum 2013 Kesiapan Guru, lmplementasi Kurikulum 2013, Pemahaman Struktur dan Materi Pembelajaran, Pemahaman Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Kesesuaian Dengan Kurikulum 2013
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375.001 Curriculum Development (Perkembangan Kurikulum)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375.006 Curriculum Change, Curriculum Evaluation (Perubahan Kurikulum, Evaluasi Kurikulum)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 13 Nov 2019 03:49
Last Modified: 13 Jan 2020 03:54
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8802

Actions (login required)

View Item View Item