Efektivitas Penggunaan Metode Numbered Head Together (Nht) Dan Alphabet Hand Together (AHT) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V

Nurjanah, Siti (2018) Efektivitas Penggunaan Metode Numbered Head Together (Nht) Dan Alphabet Hand Together (AHT) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43865.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari dari hari belajar IPA siswa Kelas V yang masih rendah. indikasi rendahnya pencapaian belajar sains di Indonesia dinyatakan oleh hasil TIMSS. Metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan metode Alphabet Hand Togelher (AHT) dirasa dapat menjadi solusi peningkatan hasil belajar IPA siswa. Dari hasil kajian penelitian, penerapan metode NlIT dan AHT membutuhkan persiapan yang matang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode NHT dan AHT terhadap hasil belajar IPA siswa Kelas V SD negeri Bondongan Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor materi zat tunggal dan zat campuran. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequevalent control group design (pretestposttest yang tidak ekuivalen). Sampel penelitian ini berjurnlah 31 orang siswa kelas eksperimen menggunakan metode NHT dan 30 orang siswa kelas eksperimen menggunakan metode AHT. Data hasil tes penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan metode AHT lebih baik dari NHT,terdapat perbedaan efektivitas penggunaan metode NHT dan AHT terbadap basil belajar IPA siswa Kelas V.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43865.pdf
Uncontrolled Keywords: Leaming Result, NHT, AHT, Effectiveness, Hasil Belajar, Efektivitas
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 05 Feb 2020 07:08
Last Modified: 05 Feb 2020 07:08
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8874

Actions (login required)

View Item View Item