Pengaruh Strategi Brain-Based Learning (BBL BY Discussion Vs BBL BY Lecture) Dan Cognitive Style Terhadap Hasil Belajar Tematik Kurikulum 2013

Aisah, Iis (2018) Pengaruh Strategi Brain-Based Learning (BBL BY Discussion Vs BBL BY Lecture) Dan Cognitive Style Terhadap Hasil Belajar Tematik Kurikulum 2013. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43777.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi Brain-Based Leaming (BBL) dan cognitive style terhadap hasil belajar Ternatik peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi yang ditargetkan adalah peserta didik kelas empat di Kabupaten Cianjur khususnya gugus Tegalega Kecamatan Warungkondang yang telah melaksanakan Kurikulum 2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling sebanyak empat kelas dari dua Sekolah yaitu SDN Bunikasih 3 dan SON Gedeh 3. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes piliban ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Berdasarkan basil analisis data, ditemukan basil-basil penelitian sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan pengarub yang signifikan antara strategi BBL by Discussion dan strategi BBL by Lecture terhadap basil belajar Tematik. Kedua, terdapat perbedaan yang signifikan basil belajar antara peserta didik dengan gaya kognitif Field Independent dan peserta didik dengan gaya kognitif Field Dependent. Ketiga, hasil belajar peserta didik dengan gaya kognitif Field Dependent lebih tinggi menggunakan strategi BBL by Discussion dibandingkan strategi BBL by Lecture. Keempat, hasil belajar peserta didik dengan gaya kognitif Field Independent lebih tinggi dengan menggunakan strategi pembelajaran BBL by Lecture dibandingkan dengan strategi BBL by Discussion. Kelima, terdapat interaksi antara strategi Brain-Based Learning dan gaya kognitifterhadap hasil belajar tematik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43777.pdf
Uncontrolled Keywords: Brain Based Learning Strategies, Cognitive Style, Thematic Leaming Outcomes in Curriculum 2013Strategi Brain-Based Laerning, Gaya Kognitif, Hasil Belajar Tematik Kurikulum 2013.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 11 Feb 2020 02:51
Last Modified: 11 Feb 2020 02:51
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8876

Actions (login required)

View Item View Item