Perbedaan Hasil Belajar IPS Kelas VI Sekolah Dasar Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Media Audio Visual Dan Pembelajaran Konvensional Di Gugus IV Neglasari, Kabupaten Bogor

Mukaromah, Neneng (2018) Perbedaan Hasil Belajar IPS Kelas VI Sekolah Dasar Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Media Audio Visual Dan Pembelajaran Konvensional Di Gugus IV Neglasari, Kabupaten Bogor. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43825.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Studi Eksperimental ini bertujuan untuk mcngetahui perbedaan hasil belajar IPS pada kelas VI SD. Penggunaan n1odel kooperatif tipe pembelajaran Jigsaw berbasis pada media pe1nbelajaran audio visual dibandingkan dengan penggunaan pendekatan pembelajaran konvensional. Sampel dalam penelitian ini adalah 307 siswa kelas VI SDN Gugus IV di Kecamatan Dramaga. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sa1npling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperi1nental, dengan desain pre-post-test dari dua kelompok desain kontrol. Pengumpulan data dilakukan 1nenggunakan observasi,analisis uji dalarn penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPS (IPS) yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang berbasis media pembelajaran audio visual dibandingkan dengan menggunakan rnetode konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43825.pdf
Uncontrolled Keywords: study result, Jigsaw type cooperalive learning model based on audio visual learning mediahasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbasis media pembelajaran audio visual
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 11 Feb 2020 03:48
Last Modified: 21 Apr 2021 04:42
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8878

Actions (login required)

View Item View Item