Pengaruh Strategi Pembelajaran (RME vs Konvensional) Dan Gaya Belajar (Auditorial Vs Kinestetik) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Kelas V

Rustini, Neni (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran (RME vs Konvensional) Dan Gaya Belajar (Auditorial Vs Kinestetik) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43826.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika yang terjadi sekarru1g ini lunumnya masih berpusat pada guru, akibatnya siswa kurang menyukai matematika. Pcmbelajaran matematika seharusnya dapat menghublD1gkan permasalahan sehari-hari dengan matematika. Strategi Pembelajaran realistic Afathematics education (RME) merupakan strategi dalam pembelajaran matematika yang dilaksanakan dengan menempatkan realitas dan pengalaman siswa sebagai titik awal dalam proses pembelajaran. RME dilaksanakan dengan menggunakan masalah realistik sebagai acuan dalam pe1nbelajaran. Melalui strategi tersebut siswa diharapkan dapat menemukan serta mengembangkan konsep-konsep matematikanya sendiri sebagai pengetahuan untuk dirinya sendiri. Penelitian ini termasuk penelitian ekperimen semu dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas V SDN Babakan Turi Kecamatan Pulomerak Kota Cilegon. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis ANOVA dua jalur, (Two way ANOVA). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (I)terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi pembelajaran Realistic mathematics education (RME) dengan siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Konvensional. Hasil ini menunjukan pada nilai F hitung untuk strategi pembelajaran lebih besar dari F tabel, 20,229 > 4,94 dengan taraf signifikansi a = 0,01. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar matetnatika siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik. Hasil ini dapat dilihat dari F hitung pada gaya belajar lebih besar dari F tabel nya. yaitu 28,670 > 4,94 dengan taraf signifikansi a = 0,00 I. (3) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki gaya belajar auditorial tidak lebih tinggi bila diajar dengan Strategi Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dibandingkan dengan Strategi Pembelajaran Konvensional. Hal ini dapat dililiat dari F hitung pada strategi pembelajaran*gaya belajar lebih kecil dari F tabel nya, yaitu 1,147 < 4,49 dengan taraf signifikansi a= 0,01. (4) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik tidak lebih tinggi bila diajar dengan Strategi Pembelajaran Konvensional dibandingkan dengan Strategi Pembelajaran Realistic Mathematics education (RME). Hal ini dapat dilihat dari F hitung pada strategi pembelajaran*gaya belajar lebih kecil dari F tabel nya, yaitu 1, 147 < 4,49 dengan taraf signifikansi a= 0,01. (5) Terdapat pengaruh interaksi yang tidak signifikan antara Strategi Pembelajaran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Hasil 1n1 dapat dilihat dari F hitung strategi pembelajaran*Gaya belajar lebih kecil dari F tabelnya, yaitu 1,147< 4,94 dengan taraf signifikansi a = 0,01.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43826.pdf
Uncontrolled Keywords: Learning Style,Mathematic.Learning Outcome, Realistic Mathematics Education (RME).
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 11 Feb 2020 07:43
Last Modified: 11 Feb 2020 07:43
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8880

Actions (login required)

View Item View Item