Pengaruh Metode (Diskusi Vs Bermain Peran)Terhadap Hasil Belajar PKn Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Di Kelas V SD

Aisah, Nyi (2018) Pengaruh Metode (Diskusi Vs Bermain Peran)Terhadap Hasil Belajar PKn Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Di Kelas V SD. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43835.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pcngaruh dari penerapan metode pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar PKn. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian eksperimen kuasi yang dilakukan di SD Negeri di Kabupaten Cianjur dengan sampel siswa kelas V pada dua Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Cianjur, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah treatment by level atau desain faktorial 2 x 2. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel penelitian, yang terdiri dari dua variabel bebas,dan satu variabel terikat. Variabel bebas adalah metode (diskusi kelompok vs metode bennain peran) dan minat belajar, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar pada pembelajaran PKn. Penelitian dimulai dcngan pcmbcrian pretest untuk mengukur kemampuan awal dan kuesioner minat belajar untuk mengklasifikasikan tingkat minat belajar siswa. selanjutnya siswa diberi treatment sebanyak empat kali pertemuan dan terakhir siswa diberi postest untuk dianalisis hasil belajarnya. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur dan uji scheffe. Berdasarkan hasil analisis data yang telah terkumpul melalui instrumen penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara hasil belajar PKn siswa yang menggunakan metode diskusi dibandingkan dengan yang menggunakan metode bermain peran. Kedua, terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara hasil belajar PKn siswa yang memiliki minat belajar tinggi dengan siswa yang memiliki minat belajar rendah. Ketiga, Hasil belajar PKn siswa lebih tinggi dengan metode diskusi dibandingkan dengan metode bermain peran bagi siswa yang minat belajarnya tinggi. Keempat, Hasil belajar PKn siswa lebih tinggi dengan metode bermain peran dibandingkan dengan metode diskusi bagi siswa yang minat belajamya rendah. Kelima, terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43835.pdf
Uncontrolled Keywords: Discussion Method, Role Play Method,students' interest, Teaching result, and civic,Metode Diskusi, Metode Bennain Peran, Minat Belajar, HasilBelajar, PKn
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other StudiesĀ for Elementary Education (Lain-lainĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Feb 2020 02:22
Last Modified: 14 Feb 2020 02:22
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8885

Actions (login required)

View Item View Item