Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (Plus Disscusion Dan Plus Lecture) Dan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VI Di Gugus 02 Sukajaya Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor

Novitasari, Euis (2018) Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (Plus Disscusion Dan Plus Lecture) Dan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VI Di Gugus 02 Sukajaya Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43756.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VI di gugus 02 Sukajaya kecamatan Sukajaya kabupaten Bogor provinsi Jawa Barat pada semester genap tahun ajaran 2017/2018, karena terdapat masalah yang mendasar terbadap basil belajar IPA yakni rendahnya hasil belajar IPA. Rendahnya hasil belajar IPA ini disebabkan strategi pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional lazimnya mengunakan metode ceramah. Untuk meningkatkan basil belajar dilakukan perubaban strategi pembelajaran yaitu menggunakan startegi pembelajaran think pair share. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetabui perbedaan hasil belajar IP A antara siswa yang diberi perlakuan strategi pembelajaran kooperatif think.fair share plus discussion dan think pair sliare plus lecture dan kemandirian. Metode penelitian yang digunakan adalab eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah anova dua jalan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Sukajaya 01. Dari hasil penelitian disimpulkan: I) terdapat pengaruh pemberian strategi pembelajaran kooperatif think pair share (plus discussion and plus lecture ) terhadap hasil belajar IPA. Hasil pengujian diperoleb nilai F hitung > F tabel, maka terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa pada penerapan strategi pembelajaran kooperatif think pair share (plus discussion and plus lecture). 2) Terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA. Hasil pengujian diperoleh nilai F hitung > dari F tabel berarti terdapat perbedaan yang signifikan terbadap hasil belajar IPA pada siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan rendah. 3) Strategi pembelajaran think pair share plus discussion dan kernandirian belajar tinggi memiliki nilai rataannya lebih besar dibanding think pair share plus lecture dan berada di sub set yang berbeda, maka kesimpulannya strategi pembelajaran think pair share plus discussion dan kemandirian tinggi lebih baik dari pada think pair share plus lecture dan kemandirian tinggi. 4) Strategi pembelajaran think pair share plus discussion dan kemandirian rendah memiliki nilai rataannya lebih besar dibandingkan dengan strategi pembelajaran think pair share plus lecture dan kemandirian rendah dan keduanya berada di sub set yang sama,maka kesimpulannya tidak ada yang lebih baik diantara keduanya. 5) Terdapat pengaruh interaksi antara startegi pembelajaran think pair share (plus discussion and plus lecture)dan kemandirian terhadap hasil belajar IPA. Hasil pengujian diperoleh nilai F hitung untuk kategori interaksi strategi pembelajaran dan kemandirian (Strategi • kemandirian) adalah F hitung > dari F tabel, maka kesimpulannya terdapat perbedaan yang signifikan faktor interaksi kategori strategi pembelajaran think pair share plus discussion and plus lecture dengan kemandirian.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43756.pdf
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning Strategy Think Pair Share, Learning Independence,Science Learning Outcomes, Strategi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share, Kemandirian Belajar,Hasil Belajar IPA
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.9598 Elementary Education in Indonesia (Pendidikan Dasar di Indonesia)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Feb 2020 01:50
Last Modified: 20 Feb 2020 01:50
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8894

Actions (login required)

View Item View Item