Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas V Pada Tema Benda-Benda Di Sekitar Kita Di SD Kecamatan Citeureup

Intarti, (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas V Pada Tema Benda-Benda Di Sekitar Kita Di SD Kecamatan Citeureup. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43781.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (25MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar di tinjau dari gaya belajar siswa kelas V pada tema Benda-Benda di sekitar Kita di SD Kecamatan Citeureup. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen desain faktorial 2 x 2. Jumlah sampel penelitian sebanyak 62 siswa. Data kemampuan hasil belajar siswa diperoleh melalui tes hasil belajar dan gaya belajar. Untuk memenuhi persyaratan analisis dilakukan pengujian normalitas data mengunakan uji Liliefors dan homogenitas menggunakan uji Barlet, setelah uji persyaratan analisis terpenuhi. Uji signifikansi data menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur dan dilanjutkan uji I dengan taraf signifikan dan a = 0,05. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: ( 1) hasil belajar siswa yang diberikan model pembelajaran Group Investigation lebih tinggi dari siswa yang diberikan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar. (3)hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik yang belajar menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih rendah dari siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Students Team - Achievement Divisions (STAD) (4) hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual yang belajar menggunakan model pembelajaran (Jroup Investigation lebih tinggi dari siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran ,students Team Achievement Divisions(STAD)

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43781.pdf
Uncontrolled Keywords: Student Learning Outcomes, Group Learning Model Investigation, Leaming Model of Student Teams-Achievement Divisions and Learning Styles, Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Group Investigation, Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dan Gaya Belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.9598 Elementary Education in Indonesia (Pendidikan Dasar di Indonesia)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Feb 2020 03:34
Last Modified: 20 Feb 2020 03:34
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8896

Actions (login required)

View Item View Item