Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SD Negeri 071062 Umbuhhumene Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli

Waruwu, Tongoni (2018) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SD Negeri 071062 Umbuhhumene Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43895.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1nenganalisis: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibanding dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa. (2) Peningkatan motivasi belajar matematika siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD di banding dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa. (3) Interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. (4) Interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap motivasi belajar matematika siswa. (5) Respon siswa terhadap pembelajaran matematika melalui pendekatan kooperatif tipe STAD. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 071062 Umbuhumene Kecamatan Gunungsitoli Kota Gunungsitoli yang terdiri dari 2 (dua) kelas yaitu V-A dan V-B dengan jumlah keseluruhan adalah 60 orang siswa. Sampel yang digunakan adalah kedua kelas tersebut yaitu kelas V-A sehagai kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas V-B dijadikan sebagai kelas yang akan diberi perlakuan dcngan model pembelajaran biasa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Analysis of Variance (ANOVA). Hasil analisis menunjukkan bahwa 1 ). Peningkatan kemampuan pemecahan maasalah matematis siswa yang memperoleh Model Pembelajaran Koopeatif tipc STAD lebih baik daripada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, 2).Peningkatan motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran Model Pembelajaran Koopeatif tipe STAD lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. 3).Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematis siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, 4).Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematis siswa terhadap motivasi belajar matematika siswa. 5). Respon siswa terhadap pembelajaran Model Pembelajaran Koopeatif tipe STAD adalah positif

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43895.pdf
Uncontrolled Keywords: STAD type cooperative learning model,early mathematical ability,mathematical problem solving ability, learning motivation, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, kemampuan awal matematis, Kemampuan pemecahan masalah matematis, motivasi belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 10 Mar 2020 08:02
Last Modified: 10 Mar 2020 08:02
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8921

Actions (login required)

View Item View Item