Pengembangan Bahan Ajar Apresiasi Cerita Anak Bermuatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Mendengarkan Cerita Anak Siswa Kelas VI SD

Lailiyah, Fajaratul (2018) Pengembangan Bahan Ajar Apresiasi Cerita Anak Bermuatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Mendengarkan Cerita Anak Siswa Kelas VI SD. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
20-43940.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Materi mendengarkan cerita anak pada siswa kelas VI SDN 1 Mojosari Asembagus dilakukan dengan mendengarkan cerita anak dan menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan. Bahan bacaan dan latihan yang digunakan oleh guru untuk membacakan cerita anak dari buku paket hanya terpaku pada satu bacaan saja dan tidak disertai oleh materi cerita anak seperti; definisi cerita anak, dan unsur intrinsik cerita anak, bahkan simakan dan latihan yang digunakan berasal dari satu buku teks yang belum menyajikan masalah-masalah yang kontekstual dan belum menyajikan tentang penanaman nilai-nilai pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini adalah : (1) menghasilkan bahan ajar apresiasi cerita anak bermuatan pendidikan karakter pada materi mendengarkan cerita anak siswa kelas VI SD.; (2) mendeskripsikan keefektifan bahan ajar apresiasi cerita anak bermuatan pendidikan karakter pada materi mendengarkan cerita anak siswa kelas VI SD. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan Research and Development (R&D) oleh Borg dan Gall. Research and Development (R&D) adalah model pengembangan dimana temuan penelitian yang telah dihasilkan digunakan untuk merancang produk dan prosedur baru, yang kemudian disempumakan sehingga produk tersebut memenuhi kreteria baik dan keefektifan, kualitas, atau standarnya (Borg and Gall, 1979:569). Hasil uji pengembangan bahan ajar sebagai berikut.Pertama, hasil validasi ahli pembelajaran cerita anak berdasarkan komponen organisasi penyajian tergolong sangat layak (90%), kegiatan pembelajaran/strategi pembelajaran dalam katagori layak (87%), isi produk tergolong dalam katagori layak (75%), komponen kebahasaan dalam katagori layak (87,5%),tampilan bahan ajar tergolong dalam katagori sangat layak (92%).Kedua, hasil validasi ahli pendidikan karakter berdasarkan komponen kebenaran deskripsi materi ditinjau dari segi ilmu pendidikan karakter dalam kategori layak (75%),kebenaran deskripsi materi pendidikan karakter ditinjau dari ilmu pembelajaran karakter tergolong kategori layak (81% ). Ketiga, hasil validasi praktisi (guru) berdasarkan komponen efektifitas dan efisiensi bahan ajar tergolong dalam kategori layak (81%), sistematika penulisan bahan ajar tergolong dalam kualifikasi sangat layak (100%), penggunaan bahasa dalam bahan ajar tergolong dalam kategori sangat layak (100%), tampilan bahan ajar termasuk dalam kategori layak (92%). Dari paparan hasil penilitian di atas dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Pengembangan Bahan Ajar Apresiasi Cerita Anak Bermuatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Mendengarkan Cerita Anak Siswa Kelas VI SD memiliki kategori layak, valid, efektif, dan efisien untuk di implementasikan lebih lanjut di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 20/43940.pdf
Uncontrolled Keywords: character education, children story listening, children story, Pendidikan karakter, mendengarkan cerita anak, cerita anak.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.9598 Elementary Education in Indonesia (Pendidikan Dasar di Indonesia)
600 Technology and Applied Sciences > 640-649 Home Economic and Family Living (Kesejahteraan Rumah Tangga dan Kehidupan Keluarga) > 649.7 Moral and Character Training (Pelatihan Pembentukan Moral dan Karakter untuk Anak-anak)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Mar 2020 06:06
Last Modified: 22 May 2024 02:37
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8935

Actions (login required)

View Item View Item