Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Dengan Geogebra Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar

Supriyatun, Sri Endang (2016) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Dengan Geogebra Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43977.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar Lembar Kegiatan Siswa dalam pembelajaran matematika SMP siswa kelas VIII pada materi lingkaran. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Pada tahap implementasi produk digunakan dalam pembelajaran di kelas melalui penelitian dengan jenis quasi eksperiment. Penelitian dilakukan pada dua kelas, yaitu kelas pertama merupakan Kelas Eksperimen mendapat pembelajaran dengan menggunakan Bahan Ajar Berbasis Inlruiri Berbantuan GeoGebra sementara kelas kedua yang merupakan Kelas Kontrol mendapat pembelajaran menggunakan bahan ajar konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain komunikasi matematis kelas eksperimen lebih dari kelas kontrol, yaitu: 0,7514 > 0,2468 demikian juga rata-rata N-Gain pada kemandirian belajar siswa yaitu: 0,5886 > 0,3509. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa produk Lembar Kegiatan Siswa yang dikembangkan layak digunakan selain itu komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa yang belajar dengan bahan ajar berbasis inkuiri berbantuan GeoGebra lebih baik dari siswa yang belajar dengan bahan ajar konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43977.pdf
Uncontrolled Keywords: Teaching Material, GeoGebra, Mathematic11l Communication,Independence Learning, Bahan Ajar, GeoGebra, Komunikasi Matematis, Kemaandirian Belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School (Sekolah Menengah Pertama, SMP)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 26 Aug 2020 08:26
Last Modified: 26 Aug 2020 08:26
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9035

Actions (login required)

View Item View Item