lmplementasi Model Pembelajaran Tematik Terpadu Guru-Guru Kelas Rendah Sekolah Dasar Binaan se-Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir

Sitorus, Ruslan (2018) lmplementasi Model Pembelajaran Tematik Terpadu Guru-Guru Kelas Rendah Sekolah Dasar Binaan se-Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44069.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tematik menekankan penerapan pembelajaran dengan cara terintegrasi, sehingga siswa kelas rendah termotivasi untuk lebih aktif dalam mengikuti setiap proses pembelajaran, karena dalam pembelajaran tematik guru diharapkan dapat berfungsi sebagai fasilitator. Faktanya adalah kebanyakan guru tidak melakukan implemetasi pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini menguraikan penerapan Model Pembelajaran Tematik terpadu oleh guru tingkat rendah di Kecamatan Balige Kecamatan Balige Toba Samosir terkait dengan; 1) lmplementasi Model Tematik di kelas kelas rendah, 2) faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pendekatan pembelajaran tematik terpadu 3)konsep dasar pembelajaran tematik terpadu, dan 4) upaya guru untuk mengatasi hambatan implementasi model pembelajaran tematik terpadu. Subyek dipilih adalah guru kelas rendah 1,2,3 sekolah dasar sebanyak 30 orang, dan 3 kepala sekolah, pengawas sekolah dan fasda. Data dikumpulkan dengan kuesioner, wawancara,observasi dan dokumentasi. Teori Milles,Humberman dan Saldana digunakan untuk menganalisis data. Hasilnya menunjukkan bahwa: 1) implemetasi model pembelajaran tematik (15%), model pendekatan mata pelajaran (77%), dan kombinasi model tematik dan pendekatan mata pelajaran (8%); 2) faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakmampuan implementasi model pembelajaran tematik adalah bahwa guru masih mengalami kesulitan dalam menyusun rencana pelajaran,kurang memahami penerapan proses pembelajaran dan membuat penilaian tematik; 3) mayoritas guru tidak memahami konsep dasar model pembelajaran tematik; dan 4) upaya untuk mengatasi hambatan adalah pelatihan mengenai perencanaan,pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran tematikpada guru kelas rendah serta melibatkan kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam lokakarya, dan KKG sebagai media saling bertukar ide, pendapat dan gagasan antar guru, tim fasilitator/ tutor langsung pendampingan ke sekolah pasca pelatihan, sehingga mereka dapat melaksan pembelajaran tematik terpadu, dan hasil pelatihan harus ada tagihan dari pihak terkait al; Dinas Pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44069.pdf
Uncontrolled Keywords: Integrated thematic model,teachers of low grade level, Balige District Kabupaten Toba Samosir, Model tematik terpadu, guru kelas rendah, Balige Kah Toba Samosir
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 21 Oct 2020 07:11
Last Modified: 21 Oct 2020 07:11
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9140

Actions (login required)

View Item View Item