Penerapan Pendekatan Open-Ended Berbantuan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematis Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP

Utami, Sri Wahyuni (2019) Penerapan Pendekatan Open-Ended Berbantuan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematis Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44165.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pembelajaran menggunakan teknologi komputer yang di dalamnya terdapat software geogebra adalah salah satu teknik pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar kreatif, dan lebih aktif sehingga diharapkan bahwa kemampuan spasial matematis dan berpikir kritis siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui pembelajaran open-ended berbantuan software geogebra,mengetahui kemampuan spasial dan berpikir kritis siswa, mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pembelajaran open-ended berbantuan software geogebra serta untuk mengetahui kendala dan upaya yang dilakukan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan open-ended berbantuan software geogebra. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas instrumen tes dan non tes. Instrumen tes yang digunakan adalah tes kemampuan spasial matematis dan kemampuan berpikir kritis yang berbentuk uraian, sedangkan instrumen non tes yang digunakan bernpa angket. Hasil penelitian secara keselurnhan menunjukkan bahwa kemampuan spasial matematis dan kemampuan berfikir kritis siswa mengalami peningkatan setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan menggunakan open-ended berbantuan software geogebra. Dalam pembelajarannya pun siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran matematika Tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan open-ended berbantuan software geogebra ini positif Aktivitas siswa di kelas pun menjadi lebih baik,pembelajaran dengan menggunakan openended berbantuan software geogebra dapat dijadikan salah satu altematif dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44165.pdf
Uncontrolled Keywords: Geometri, Open-ended, software geogebra, Kemampuan spasial matematis, Kemampuan berpikir kritis
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School (Sekolah Menengah Pertama, SMP)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 516 Geometry/Ilmu Ukur, Geometri
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 11 Nov 2020 07:16
Last Modified: 27 Nov 2020 07:43
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9163

Actions (login required)

View Item View Item