Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Keaktifan Dan Prestasi Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar SD Negeri Banjarejo

Pamungkas, Wahyu Chandra (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Keaktifan Dan Prestasi Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar SD Negeri Banjarejo. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44184.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan proses belajar siswa secara aktif. Keterlibatan siswa secara aktif sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap keaktifan siswa kelas V mata pelajaran Matematika materi bangun datar SD Negeri Banjarejo. (2) Mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap prestasi belajar siswa kelas V mata pelajaran Matematika materi bangun datar SD Negeri Banjarejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel independent (X) yaitu Model Course Review Horay. Variabel dependent yaitu (Y1) keaktifan siswa dan (Y2) prestasi belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Banjarejo yang berjumlah 41 anak yang terbagi dalam 2 kelas. Data diperoleh dari 2 kelas; yaitu data dari kelas kontrol dan eksperimen. Data yang di ambil berupa hasil pre test dan post test serta keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Untuk data prestasi belajar siswa yang berupa nilai pre test dan post tes akan dicari lagi nilai gain score dengan cara mengurangkan nilai post test dan nilai pre test. Data dianalisis menggunakan Uji-t dilakukan dengan aplikasi spss versi 16. Keaktifan siswa pada kelas eksperimen mendapat rata-rata nilai 3,57. Sedangkan keaktifan siswa pada kelas kontrol mendapat rata-rata nilai 2,51. Hasil Uji-t pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Banjarejo menunjukkan bahwa nilai signifikansi pada variabel gain score 0,000 < 0,05 dan pada variabel keaktifan belajar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikiari terdapat pengaruh yang positif dari basil belajar dari keaktifan belajar siswa antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44184.pdf - NIM 500582174
Uncontrolled Keywords: Course Riview Horay Model, Activities, Achievement, Mathematic, Model Pembelajaran Course Review Horay, Keaktifan, Prestasi,Matematika
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 18 Feb 2021 04:04
Last Modified: 18 Feb 2021 04:04
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9224

Actions (login required)

View Item View Item