Astuti, Ririn Dwi and Muhsin, Mokhamat and Amini, Mukti (2019) Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Di Gugus 2 Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44106.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
Pendekatan kontekstual merupakan pendekatan pembelajaran yang mengaitkan dengan permasalahan nyata yang ada di lingkungan karena proses belajar terjadi karena adanya interaksi antara seseorang dengan lingkungan sekitar. Salah satu pendekatan pembelajaran yang relevan untuk meningkatkan hasil belajar matematika adalah pendekatan kontekstual. Selain pendekatan pembelajaran,motivasi belajar juga berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya pengaruh pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar maternatika, pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika, serta pengaruh pendekatan kontekstual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan true eksperimen dengan rancangan pretest posttest control group design. Populasi yang menjadi objek penelitian adalah siswa kelas 5 sekolah dasar di Gugus II Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. Sedang sampel yang digunakan cluster random sampling, SDN 4 Sukorejo sebagai kelas eksperimen dan SDN 2 Sukorejo sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pretest dan postest (hasil belajar) matematika siswa dan angket motivasi belajar siswa. Untuk menguji hipotesis penelitian, rnenggunakan analisis data anova (analysis of variance) two way. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: I) hasil uji anova pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar matematika djperoleh nilai sig<0,05, yaitu 0,000<0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan terdapat pengaruh pendekatan kontekstual terhadap basil belajar matematika siswa kelas 5; 2) hasil uji anova motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika diperoleh nilai sig<0,05, yaitu 0,000<0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap basil belajar matematika siswa kelas 5; dan 3) hasil uji anova pendekatan kontekstual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika diperoleh nilai sig<0,05, yaitu 0,042<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan kontekstual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 5. Dengan demikian, penelitian ini merekomendasikan bahwa pendekatan kontekstual dapat dijadikan salah satu pendekatan pembelajaran dan dapat diterapkan di sekolah karena terbukti berpengaruh pada hasil belajar siswa. Pendekatan kontekstual dapat diterapkan pada muatan pelajaran lain selain matematika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 44106.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Contextual Approach, Leaming Motivation, Mathematics Leaming Outcomes, Pendekatan Kontekstual, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 24 Mar 2021 07:48 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 07:48 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9268 |
Actions (login required)
View Item |