Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Berbasis Kontekstual Untuk Kelas 3 SD/MI

Suciati, and Sunarto, and Prastiti, Tri Dyah (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Berbasis Kontekstual Untuk Kelas 3 SD/MI. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44103.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangk.an modul pembelajaran matematika materi pecahan berbasis kontekstual untuk Kelas 3 SD/MI yang valid, praktis dan efektif. Pembelajaran dengan menggunakan modul pembclajaran matematika berbasis kontekstual ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, membantu siswa memahami konsep-konsep pecahan secara konseptual, meningkatkan hasil belajar dan mcmbantu siswa dalam menerjemahkan materi pecahan dalam kehidupan sehari-hari. PeneJitian ini merupakan penelitian pengembangan R & D (Research and Development) dengan model pengembangan Plomp. Prosedur pengembangan modul matematika materi pecahan terdiri dari 5 tahapan, yaitu investigasi awal, desain, realisasi dan konstruksi, tes,evaluasi dan revisi serta implementasi. lnstrumen penelitian yang digunakan untuk menilai kelayakan modul ini yaitu menggunakan lembar angket. Modul dinilai oleh ahli materi, ahli media, pendidik dan dircspon oleh peserta didik SD Alam Islami eLKISl dalam uji coba terbatas. Hasil penelitian yang diperoleh adaJah modul pembelajaran matematika materi pecahan berbasis kontekstual di Kelas 3 SD/MI yang valid, praktis dan efektif. Kevalidan modul pembelajaran dibuktikan dengan hasil penilaian modul matematika materi pecahan oleh ahli materi dan ahJi media. Hasil penilaian menurut abli materi adalah 90 % dengan skor 54 yang didukung dengan validasi materi per bagian modul dengan nilai perbagian berturut-turut 82,5%, 85 %, 90%, 90%,92,5%, 87,5%, 90%. Rata-rata dari prosentase kevalidan seluruh bagian adalah 88,21 %. lni menjadi bukti bahwa modul pembelajaran matematika bersifat valid. Kevalidan modul juga didukung oleb hasil penilaian menurut ahli media yaitu sebesar 88,89 % dengan skor 32. Untuk kepraktisan dan efektivitas modul dibuktikan dengan hasil penilaian menurut pendidik yaitu 86,67% dengan skor 39, dan menurut siswa dengan hasil penilaian sebesar 97,8% dengan skor 44. Dengan dernikian, modul matematika materi pecahan ini layak digunakan dalam pembelajaran matematika kelas 3 SD/MI. Ketiga, dari hasil respon peserta didik maka didapat kesimpulan bahwa peserta didik merespon positif adanya modul pembelajaran matematika materi pecahan berbasis kontekstual untuk kelas 3 SD/MI. Keempat, modul matematika mampu meningkatk.an hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan basil pretest yang di bawah KKM yaitu rata-rata 63, naik pada hasil posttest yang di atas KKM yaitu rata-rata 89.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 20/44103.pdf
Uncontrolled Keywords: Contextual approach, mathemathics learning, fractions, modul pendekatan kontekstual, pembelajaran matematika, pecahan
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 31 Mar 2021 03:06
Last Modified: 31 Mar 2021 03:06
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9275

Actions (login required)

View Item View Item