Korelasi Antara Kedisiplinan Siswa Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MI Di Kecamatan Pakel

Emawati, Yuyun and Baehaki, Imam and Fatmasari, Rhini (2019) Korelasi Antara Kedisiplinan Siswa Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MI Di Kecamatan Pakel. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44182.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan siswa dan motivasi belajar merupakan beberapa komponen yang berkaitan dengan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketabui dari beberapa penelitian yang telah dilakukan oJeh peneliti terdahulu. Berdasar latar belakang tersebut peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan kedisiplinan siswa dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas V MI di Kecamatan Pakel. Penelitian ini termasuk jenis penelit1an kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif noneksperimen dengan metode Ex Post Facto. Penelitian dilakukan dengan populasi semua siswa kelas V MI di Kecamatan Pakel, dan teknik pengambilan sampel dengan Proporsional Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan siswa dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V MI di Kecamatan Pakel dengan hasil t1utung = 7,451 > t 1a1>c1 = 1,659. (2) Terdapat hubungan yang signifikan aotara motivasi belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V Ml di Kecamatan Pake! dengan hasi] trurung = 5,639 > t tabel = 1,659. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan siswa dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V MI di Kecarnatan Pakel dengan Frutung= 247,184 > Ftabe1=3,079. (4) Variabel kedisiplinan siswa paling dominan dengan koefisien determinasi sebesar 0,765 atau 76,5%, sedangkan variabel motivasi belajar sebesar 0,725 atau 72,5%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 20/44182.pdf
Uncontrolled Keywords: Student dicipline, Learning motivation, Learning Outcome, Kedisiplinan Siswa, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.6 Language Skills for Elementary Education (Kemampuan Berbahasa untuk Pendidikan Dasar)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 May 2021 05:55
Last Modified: 20 May 2021 05:55
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9344

Actions (login required)

View Item View Item