Pengaruh Model Cooperative Script (Berbasis Masalah Dan Ceramah) Dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN Kampung Bayur ( Penelitian Eksperimen pada mata pelajaran IPA SDN Kampung Bayur )

Fitrianah, Rita (2020) Pengaruh Model Cooperative Script (Berbasis Masalah Dan Ceramah) Dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN Kampung Bayur ( Penelitian Eksperimen pada mata pelajaran IPA SDN Kampung Bayur ). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44384.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model cooperativescript (berbasis masalab dan berbasis ceramah) dan kecerdasan Interpersonal terhadap basil belajar IPA kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain factorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah selurub sisswa kelas IV SDN Kampung Bayur tabun pelajaran 2018/2019 yang beljumlah 60 orang, sampel diambil dengan menggunakan teknik random yang berjumlah 30 orang teknik pengumpulan data menggunakan angket kecerdasan interpersonal dan tes berupa soal piliban ganda. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan teknik anova duajalur. Berdasarkan basil penghitungan didapatkan basil penelitian sebagai berikut: (1)Terdapat perbedaan basil belajar IP A antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script berbasis masalah dan yang dibelajarkandengan model pembelajaran cooperative script ceramab. Hal ini di dasarkan dari uji coba statistik anova dua jalur ynag menyatakan bahwa signipikansi untuk kategori pembelajaran cooperative script berbasis masalah adalah (9, 1321) yang artinya < (0,05). (2) Terdapat perbedaan basil belajar IPA antara siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah. Hal ini didasarkan dari uji statistik anova dua jalur yang menyatakan bahwa signipikansi untuk kategori kecerdasan interpersonal adalah (11,4843) yang artinya < (0,05). (3) terdapat pengaruh interaksi antara penggunan modei pembelajaran cooperative script dengan kecerdasan interpersonal terbadap hasil bela jar IP A hal ini didasarkan dari uji statistik dua jalur yang menyatakan bahwa signipikansi untuk kategori model pembelajaran cooperative script dan kecerdasan interpersonal adalab (0,05) yang artinya < (0,384). Kesimpulan dari penelitian ini adalah menyatakan bahwa ada pengarub penggunan model cooperative script berbasis masalab dengan cooperative script ceramahdan kecerdasan interpersonal tinggi dengan rendah terhadap hasil belajar IPA kelas IV Sekolab Dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 21/44384.pdf
Uncontrolled Keywords: the use of the cooperative script learning models (problem-based and lectured-based), interpersonal intelligence and Natural Science learning outcomes of the fourth grade of elementary school, Penggunaan Model Pembelajaran cooperative script, (berbasis masalah dan berbasis ceramah) Kecerdasan interpersonal dan hasil belajar IPA Kelas IV Sekolah Dasar.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 08 Sep 2021 05:52
Last Modified: 11 Dec 2023 07:10
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9435

Actions (login required)

View Item View Item