Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Creative Problem Solving Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Kemandirjan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Sudadi, (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Creative Problem Solving Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Kemandirjan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44266.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika model Creative Problem Solving (CPS) dengan pendekatan saintiflk bermuatan karakter kemandirian untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 40 yag dimodifikasi menjadi 3D terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Jenis perangkat yag dikembangkan adalah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Buku Siswa (BS), dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah (TKPM). Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa SD Negeri Bakalan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVB sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian ini adalah kemandirian (X) dan kemampuan pemecahan masalah (Y). Perangkat pembelajaran valid ditentukan berdasarkan rata-rata skor validasi ahli dengan kategori baik dan perangkat pembelajaran praktis dilihat dari rata-rata skor kepraktisan yang didapat dari angket respon siswa dan pengamatan pengelolaan pembelajaran oleh guru, sedangkan untuk perangkat pembelajaran yang efektif menggunakan uji proporsi, uji banding, uji regresi, dan uji gain. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran sebagai berikut : (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid menurut validator; (2) perangkat pembelajaran dikatakan praktis karena respon siswa positif dengan skor 85 % dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan skor 4,17 tennasuk tinggi; (3) penggunaan perangkat pembelajaran model CPS dengan pendekatan saintifik adala..h efektif, ditandai dengan tercapainya; (a) siswa mencapai ketuntasan secara individual maupun klasikal (nilai minimal 70), (b) kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelas yang menggunakan perangkat model CPS dengan pendekatan saintifik lebih baik dibanding kelas yang menggunakan met ode konvensional, (c) adanya pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 75,41% dan (d) adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,65 termasuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44266.pdf
Uncontrolled Keywords: CPS, saintifik, kemandirian siswa, pemecaban masalab, KPK dan FPB.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 04 Oct 2021 08:51
Last Modified: 06 Dec 2023 05:32
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9482

Actions (login required)

View Item View Item