Analisis Nilai-Nilai Karakter Peduli Sosial Dalam Pembelajaran Dengan Metode Role Playing Di Kelas V SDN 2 Kendalrejo Kabupaten Trenggalek

Ariyani, Rully Dwi (2020) Analisis Nilai-Nilai Karakter Peduli Sosial Dalam Pembelajaran Dengan Metode Role Playing Di Kelas V SDN 2 Kendalrejo Kabupaten Trenggalek. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44325.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan metode role playing yang mengembangkan karakter peduli sosial serta mendeskripsikan nilai-nilai karakter peduli sosial siswa-siswa Kelas V SDN 2 Kendalrejo Kabupaten Trenggalek pada saat dan setelah pembelajaran dengan metode role playing. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Pembelajaran dengan metode role playing dapat dilaksanakan untuk mengembangkan karakter peduli sosial siswa-siswa Kelas V SDN 2 Kendalrejo Kabupaten Trenggalek. (2) Nilai-nilai karakter peduli sosial yang muncul saat pembelajaran dengan metode role playing di kelas V SDN 2 Kendalrejo Kabupaten Trenggalek dengan kategori sangat baik: tidak menyakiti orang lain, cinta damai dalam menghadapi persoalan,mampu bekerja sama, dan tidak mengambil keuntungan dari orang lain; dengan kategori baik: menyayangi manusia dan makhluk lain, toleran terhadap perbedaan,bertindak santun, dan memperlakukan orang lain dengan sopan. (3) Nilai-nilai karakter peduli sosial siswa yang muncul setelah mengikuti pembelajaran dengan metode role playing di kelas V SDN 2 Kendalrejo Kabupaten Trenggalek berdasarkan pendapat teman dari siswa dengan kategori sangat baik: tidak mengambil keuntungan dari orang lain, tidak suka menyakiti orang lain, dan menyayangi manusia dan makhluk lain; dengan kategori baik: cinta damai dalam menghadapi persoalan, toleran terhadap perbedaan, mampu bekerja sama,bertindak santun, dan memperlakukan orang lain dengan sopan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 530003166 - 44325.pdf
Uncontrolled Keywords: Social Care Characters, Role Playing Method, Karakter Peduli Sosial, Metode Role Playing
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other StudiesĀ for Elementary Education (Lain-lainĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Oct 2021 07:52
Last Modified: 20 Oct 2021 07:52
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9530

Actions (login required)

View Item View Item