Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament dengan Matematika Gasing untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Kemampuan berhitung pada materi perkalian bilangan cacah siswa kelas III SD

SUSILO, JOKO and Mastur, Zaenuri and Suroyo, (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament dengan Matematika Gasing untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Kemampuan berhitung pada materi perkalian bilangan cacah siswa kelas III SD. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44393.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Joko Susilo, 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Teams Game Tournament ([GT) dengan Matematika Gasing untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Kemampuan Berhitung pada Materi Perkalian Bilangan Cacah Kelas III SD. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PGSD, Program Pascasarjana Universitas Terbuka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan perangkat pembelajaran, untuk menganalisis kevalidan perangkat pembelajaran ,untuk menganalisis kepraktisan perangkat pembelajaran, ntuk menganalisis keefektifan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe TGT dengan Maternatika Gasing meningkatk:an Tanggung Jawab dan Kemarnpuan Berhitung. Spesifikasi produk yang dikembangkan adalah perangkat pembelajaran yang dikembangkan bermuatan TGT dengan Matematika Gasing pembelajaran untuk menunjang proses belajar mengajar. Perangkat pembelajaran terdiri dari silabus, RPP, bahan ajar, LKS, perangkat evaluasi. Model pengembangan pada penelitian ini adalah 4- D yang dimodifikasi menjadi tahap define, design, dan development. Pengujian produk skala luas dapat menggunakan desain eksperimen dengan kelompok kontrol (pretest-postest control group desain) dimana siswa kelas III SDN Bawang, sebagai kelas eksperirnen dan siswa kelas III SDN Blado 03 sebagai kelas kontrol. Uji validitas dilakukan dengan validasi perangkat pembelejaran 3 oleh validator yaitu 1 (satu) dosen pernbirnbing dan 2 (dua) teman sejawat bekualivikasi S2. Uji kepraktisan dilihat dari kemarnpuan mengelola pembelajaran dan respon siswa terhadap pembelajaran. Uji keefektifan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, ketuntasan rata-rata hasil belajar (uji t), uji ketuntasan klasikal menggunakan (uji z), ujin banding, dan uji pengaruh (regresi). Hasil penelitian menunjukkan Perangkat pembelajaran yang dikembangkan model Kooperatif tipe TGT dengan Matematika Gasing pada materi Perkalian Bilangan Cacah valid, praktis, dan efektif. Kriteria valid menadapat skor rata-rata 3,91 kategori sangat baik. Kriteria praktis ditunjukkan dari hasil pengamatan kempuan guru dalarn mengelola pembelajaran = 3,47 (sangat baik) dan angket respon siswa= 83,91 % kategori sangat baik. Sedangkan kriteria efektif ditujukkan dari :1) Variabel Kemarnpuan Berhitung (KB) mencapai ketuntuasan klasikal maupun individual, 2) terdapat perbedaan rata-rata TKB antara siswa yang yang mendapat perlakuan Model Kooperatif dengan Matematika Gasing pada kelas eksperimen dan yang tidak mendapat perlakuan pada kelas kontrol, 3) terdapat pengaruh positif variabel karakter tanggung jawab terhadap kemampuan berhitung siswa dengan persamaan Jr= 11,390 + 1,942x yang berarti setiap penambahan variabel karakter tanggung jawab (X1) sebesar satu satuan maka akan menambah nilaj Tes Kemampuan Berhitung (Y) sebesar 1,942. Dalam uji regresi menunjukkan nilai R squar sebesar 0,767 atau 76,7% yang berarti siakap tanggung jawab mempengaruhi kemampuan berhitung siswa sebesar 76,7 % clan variabel lain ada yang mempengaruhi Kemampuan Berhitung (KB) ada sebesar 23,7%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44393.pdf
Uncontrolled Keywords: tgt, top math, responsibility, valid, practical, and effective matematika Gasing, tanggung jawab, valid, praktis, dan efektif
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 30 Jun 2022 03:58
Last Modified: 01 Jul 2022 02:38
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9751

Actions (login required)

View Item View Item