Pengembangan Media Belajar Perkalian Bilangan Asli Berbantuan Teknik Jari Sakti di Kelas VI Sekolah Dasar

SUWARNO, AJI (2019) Pengembangan Media Belajar Perkalian Bilangan Asli Berbantuan Teknik Jari Sakti di Kelas VI Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44123.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dengan wawancara analisis kebutuhan, observasi aktivitas siswa, dan pre test yang menghasilkan informasi tentang rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI SDN Kedungwangi I pada materi operasi hitung perkalian bilangan. Dari hasil pre test diketahui bahwa nilai rata-rata aktivitas siswa dalam pembelajaran operasi perkalian bilangan bulat sebelum menerapkan teknik jari sakti adalah 65,88 dan hasil belajarnya 14,24. Hipotesis penelitian penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa adalah guru belum menggunakan media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti melaksanakan penelitian pengembangan model R & D, yaitu mengembangkan media belajar perkalian bilangan asli berbantuan teknik jari sakti, hasil pengembangan teknik jarimatika yang telah ada selama ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media belajar berupa buku dan video tutorial penerapan teknik jari sakti dalam melakukan operasi perkalian bilangan asli yang teruji valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini terdiri atas 5 langkah. Langkah-langkah tersebut terdiri atas: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi ahli dan uji coba, dan 5) revisi desain. Berdasarkan hasil validasi ahli diketahui bahwa media belajar perkalian bilangan asli berbantuan teknik jari sakti mendapatkan nilai 3,46 dari ahli isi/materi dan 3,28 dari ahli media pembelajaran. Adapun skala penilaian yang dipergunakan validator adalah 1-4 . Selain itu. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar yang cukup signifikan setelah guru menggunaan media belajar perkalian bilan asli berbantuan teknikjari sakti. Aktivitas belajar siswa meningkat 26,79 %, yaitu dari rata-rata 65,88 menjadi 83,53. Hasil belajar siswa meningkat 399,02 %, yaitu dari nilai rata-rata 14?24 menjadi 71?06. Dengan demikian? media belajar perkalian bilangan asli berbantuan teknik jari sakti ini telah teruji dan dapat dinyatakan sebagai media pembelajaran yang valid, praktis, dan etektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44123.pdf
Uncontrolled Keywords: development, learning media, multiplication, natural numbers, techniques, magic fingers, pengembangan, media belajar, perkalian, bilangan asli, teknik, jari sakti.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Jul 2022 06:20
Last Modified: 14 Dec 2023 01:22
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9856

Actions (login required)

View Item View Item