ULIL ALBAB, MOHAMMAD and Waluya, Budi and Tri Hewindati, Yuni (2019) Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika dan Kerjasama Materi Operasi Hitung Pecahan. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44286.pdf Download (44MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model problem based learning berpendekatan konstektual untuk meningkatkan kerjasama dan kemampuan literasi matematika pada materi operasi hitung pecahan kelas V yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN 1 Mindahan tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah kelas eksperimen sebanyak 25 siswa dan kelas kontrol 28 siswa. Variabel independen pada penelitian ini adalah kerjasama siswa dan keterampilan literasi matematika siswa, sedangkan variabel dependen adalah kemampuan literasi matematika. Pengukuran variabel dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis butir soal, analisis deskriptif, uji beda rata-rata, dan analisis regresi. Hasil analisis menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan model problem based learning berpendekatan konstektual untuk meningkatkan Kerjasama dan literasi matematika pada materi operasi hitung pecahan pada siswa kelas V dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Validitas diketahui dari hasil validasi oleh para ahli (validator) yang mendapat nilai rata-rata dalam kategori baik, dengan rincian nilai rata-rata untuk validasi Silabus (4,23), RPP (4,10), Buku siswa (4,08), LKS (4,02), Instrumen pengamatan kerjasama (3,92), Instrument pengamatan keterampilan literasi matematika (3,80), Instrument pengamatan guru mengelola kelas (3,82), Angket respon siswa (4,02) dan tes kemampuan literasi matematika (3,88). Model praktis dilihat dari kemampuan guru yang baik dalam mengelola pembelajaran (nilai rata-rata 4,30) dan respon positif siswa terhadap pembelajaran (nilai rata-rata 3,88). Efektif diketahui dari ketuntasan siswa yang melebihi KKM (65) serta peningkatan kemampuan literasi matematika siswa. Hasil uji beda menunjukkan kemampuan literasi matematika siswa dengan model PBL berpendekatan konstektual lebih baik daripada kelas konvensional (t hitung = 4,970 > t tabel = 2,008).
Actions (login required)
View Item |