NURHAYATI, (2019) Analisis Persepsi Guru Tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Se-Kecamatan Gunung Kijang Kabupaten Bintan. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44216.pdf Download (17MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis persepsi guru tentang faktor-fakor apa saja yang mempengaruhi hasil belajar siswa sekolah dasar se-Kecamatan Gunung Kijang Kabupaten Bintan serta menghitung seberapa pengaruh dari faktor-faktor tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif-korelasional pada Sekolah Dasar se Kecamatan Gunung Kijang Kabupaten Bintan. Subjek penelitian ini adalah sebanyak 30 orang guru dengan perincian 5 orang guru SDN 001 Gunungkijang, 5 orang guru SDN 002 Gunungkijang, 7 orang guru SDN 003 Gunungkijang, 5 orang guru SDN 006 Gunungkijang, 3 orang guru SDN 007 Gunungkijang, dan 5 orang guru SDN 008 Gunungkijang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket berbentuk Rating Scale dan Skala Likert. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis faktor dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal dan faktor ekstemal baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SD Se Kecamatan Gunung Kijang Kabupaten Bintan. Secara parsial faktor internal dan faktor eksternal masing-masing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 32,36% dan 21,82%. Secara simultan faktor internal dan faktor ekstemal berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 54,18%, sedangkan sisanya sebesar 45,82% ditentukan oleh faktor yang lain.
Actions (login required)
View Item |