Analisis Persepsi Guru Tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Se-Kecamatan Gunung Kijang Kabupaten Bintan

NURHAYATI, (2019) Analisis Persepsi Guru Tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Se-Kecamatan Gunung Kijang Kabupaten Bintan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44216.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis persepsi guru tentang faktor-fakor apa saja yang mempengaruhi hasil belajar siswa sekolah dasar se-Kecamatan Gunung Kijang Kabupaten Bintan serta menghitung seberapa pengaruh dari faktor-faktor tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif-korelasional pada Sekolah Dasar se Kecamatan Gunung Kijang Kabupaten Bintan. Subjek penelitian ini adalah sebanyak 30 orang guru dengan perincian 5 orang guru SDN 001 Gunungkijang, 5 orang guru SDN 002 Gunungkijang, 7 orang guru SDN 003 Gunungkijang, 5 orang guru SDN 006 Gunungkijang, 3 orang guru SDN 007 Gunungkijang, dan 5 orang guru SDN 008 Gunungkijang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket berbentuk Rating Scale dan Skala Likert. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis faktor dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal dan faktor ekstemal baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SD Se Kecamatan Gunung Kijang Kabupaten Bintan. Secara parsial faktor internal dan faktor eksternal masing-masing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 32,36% dan 21,82%. Secara simultan faktor internal dan faktor ekstemal berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 54,18%, sedangkan sisanya sebesar 45,82% ditentukan oleh faktor yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44216.pdf
Uncontrolled Keywords: Internal Factors, External Factors, Learning Outcomes, Elementary School Students, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Basil Belajar, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other StudiesĀ for Elementary Education (Lain-lainĀ untuk Pendidikan Dasar)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:12
Last Modified: 05 Dec 2023 08:04
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9875

Actions (login required)

View Item View Item