Harefa, Desnilam Kurniawati (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 070981 Fodo. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43742.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (16MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (I) pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar; (2) pengaruh motivasi belajar tinggi terhadap hasil belajar; (3)pengaruh motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar; dan (4)pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 070981 Fodo.Populasi penelitian seluruh siswa di kelas V sebanyak 82 siswa, sampel penelitian sebanyak 70 siswa yang terdiri dari 35 siswa dari kelas V Adan 35 siswa dari kelas V B. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain factorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan anava pada siginifikansi alpa 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (l)terdapat pebedaan pengaruh antara model pembelajaran kontekstual dan konvensioanal terhadap hasil belajar siswa; (2) terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran kontekstual dan konvensional terhadap hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi; (3) terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran kontekstual dan konvensional terhadap hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah; dan (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Model pembelajaran kontekstual lebih baik digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dari pada model konvensional.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information (ID): | 43742.pdf |
| Uncontrolled Keywords: | contextual model, learning motivation, student learning outcomes model kontekstual, motivasi belajar, hasil belajar siswa. |
| Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin) |
| Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
| Depositing User: | Praba UT |
| Date Deposited: | 29 Oct 2019 02:10 |
| Last Modified: | 29 Oct 2019 02:19 |
| URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8754 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
