Penggunaan Pendekatan Bermain untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Senam Guling Depan Penjasorkes Siswa Kelas I SD Citra Al Madina Padang

Muhammadi, (2015) Penggunaan Pendekatan Bermain untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Senam Guling Depan Penjasorkes Siswa Kelas I SD Citra Al Madina Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
41682.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian tindakan dimulai dari studi awal, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek peneliti adalah guru dan siswa kelas I SD Citra Almadina Padang yang berjumlah sebanyak 12 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif, melalui tahapan menelaah data, reduksi data, menyajikan data, menyimpulkan hasil penelitian triangulasi, dan analisis data. . . Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil catatan lapangan, observasi, perekaman, wawancara dan tes. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran penjasorkes melalui Penggunaan Pendekatan Bermain Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Senam Guling Depa:n Penjasorkes Siswa Kelas I SD Citra Al Madina Padang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan penggunaan Pendekatan Bermain masalah dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran guling depan . Berdasarkan hasil penelitian, ketika observasi awal perolehan skor rata-rata kelas yaitu 73,04 dan persentase ketuntasan klasikal41,66%, hasil tersebut belum mencapai tingkat KKM di SD Citra Al Madina, yaitu (75) dan ketuntasan klasikal sebesar (75%) dari total siswa dalam kelas. Pada penilaian hasil belajar keterampilan guling depan siklus satu mengalami peningkatan skor rata-rata kelas secara signifikan yaitu 95,80 dan persentase ketuntasan klasikal 83,33%, hasil tersebut telah mencapai tingkat KKM SD Citra Al Madina, yaitu (75) dan -ketuntasan klasikal sebesar (75%) dari total siswa dalam kelas. Dengan demikian tindakan pembelajaran keterampilan guling depan melalui permainan yang diberikan pada siswa kelas I SD Citra Al Madina, dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41682.pdf
Uncontrolled Keywords: pendekatan bermain, karakteristik siswa SD, metode pembelajaran, kegiatan kelas
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Tesis - Karya Dosen UT
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:41
Last Modified: 19 Feb 2019 02:31
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2229

Actions (login required)

View Item View Item