Pengaruh Pemberian Tugas Mandiri Terstruktur dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII di SMPN 1 Sumbawa Besar

Karwo, (2017) Pengaruh Pemberian Tugas Mandiri Terstruktur dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII di SMPN 1 Sumbawa Besar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43035.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemberian tugas mandiri terstruktur dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika kelas VII di SMPN 1 Sumbawa Besar. Penelitian ini menggonakan metode penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Sumbawa Besar tahun pelajaran 2015/2016 di 2 kelas yang berbeda, yaitu kelas VII 8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII6 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data melalui pretest, posttest, dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama. Uji analisis variansi digunakan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas mandiri terstruktur dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika kelas VII di SMPN 1 Sumbawa Besar. Hasil analisis variansi menunjukkan 1) ada pengaruh yang signifikan pemberian tugas mandiri terstruktur terhadap hasil belajar matematika kelas VII di SMPN 1 Sumbawa Besar, hal ini ditunjukkan nilai probabilitias (p-value = 0,000 < 0,050 pada uji analisis variansi, 2) Ada pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika kelas VII di SMPN 1 Sumbawa Besar, dengan (p-valoe = 0,000 < 0,050), 3) ada interaksi pengaruh tugas mandiri terstruktur dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika kelas VII di SMPN 1 Sumbawa Besar, dengan nilai sig (0,010 < 0,050).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43035.pdf
Uncontrolled Keywords: Tugas Mandiri Terstruktur, Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar, Self-structured assignment, achievement motivation and result of learning
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 511.8 Mathematical Models, Mathematical Simulation/Matematika Model, Simulasi Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 30 Nov 2018 06:26
Last Modified: 30 Nov 2018 06:26
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7696

Actions (login required)

View Item View Item