Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa

Kurniawan, Haviz (2017) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43484.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Keterampilan belajar pada abad 21 telah banyak sekali dikembangkan, pembelajaran dengan pendekatan STEM dapat melatih siswa dalam pemecahan suatu masalah dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peugaruh kemampuan kornunikasi dengan pcrnbelajaran berbasis STEM dan metode demontrasi serta perbedaan kemampuan komunikasi siswa yang menggunakan pembelajaran sains berbasis STEM dengan yang tidak menggunakan pembelajaran sains berbasis STEM. Penelitian ini merupakan penelitian kelas dengan metode eksperimen semu (quasi eksperiment) dimana subyek kelompok penelitian tidak diambil secara random. Kelas eksperirnent menggunakan pembelajaran berbasis STEM sedangkan kelas control menggunakan model demontrasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran sains di sekolah dasar melalui metode pembelajaran berbasis STEM terhadap kemampuan berkomunikasi siswa dapat rneningkat secara signifikan dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan metode dernontrasi. Temuan ini menegaskan bahwa metode pembelajaran memiliki peranan penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir siswa terutama dalam hal berkomunikasi dalam kehidupau sehari-hari. Penggunaan metode pembelajaran berbasis STEM terbukti dapat menjembatani kemampuan yang diperoleh anak dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Hal ini disebabkan karena pada pembelajaran dengan metode pembelajaran berbasis STEM melibatkan akitivitas pemecahan masalah otentik dalam konteks sosial, kultural, dan fungsional. Model pembelajaran sains berbasis STEM dan demontrasi memberi pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi siswa, namun ada perbedaan signifikan antara pembelajaran sains berbasis STEM dengan pembelajaran sains berbasis demontrasi terhadap kemampuan komunikasi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43484.pdf
Uncontrolled Keywords: Sains,STEM, Demontrasi, Komunikasi Siswa, Science, Demonstration, Student Communication
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.6 Language Skills for Elementary Education (Kemampuan Berbahasa untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Apr 2019 09:03
Last Modified: 16 Apr 2019 04:10
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8177

Actions (login required)

View Item View Item