Implementasi Pendidikan Karakter (Percaya Diri, Mandiri, Dan Tanggung Jawab) Melalui Keterampilan Menulis Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Negeri Cingcin 01

Ratna, (2018) Implementasi Pendidikan Karakter (Percaya Diri, Mandiri, Dan Tanggung Jawab) Melalui Keterampilan Menulis Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Negeri Cingcin 01. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43474.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan dan informasi penelitian mengenai implementasi pendidikan karakter melalui keterampilan menulis pada pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar negeri Cingcin 01. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui keterampilan menulis pada pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar negeri Cingcin 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik penelitian triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, data instrumen yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (l) pendidikan karakter sudah diintegrasikan pada perencanaan keterampilan menulis dalam silabus dan RPP; (2) secara keseluruhan pendidikan karakter sudah di implementasikan pada pelaksanaan keterampilan menulis; (3) penilaian pendidikan karakter seluruhnya diimplementasikan pada pembelajaran keterampilan menulis; ( 4) secara keseluruhan implementasi pendidikan karakter menunjukkan hasil melalui keterampilan menulis; (5) kendala implementasi pendidikan karakter melalui keterampilan menulis yaitu memadukan nilai-nilai karakter dengan materi pelajaran, terbatasnya buku-buku pelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui keterampilan menulis di sekolah dasar negeri Cingcin 01 sudah sepenuhnya dilaksanakan oleh guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43474.pdf
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, keterampilan pembelajaran Bahasa Indonesia, Character education, skill learning Indonesia language
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150-159 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155.25 Character Development (Perkembangan Kepribadian, Perkembangan Karakter)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.623 Writing Skills for Elementary Education (Kemampuan Menulis untuk Pendidikan Dasar)
600 Technology and Applied Sciences > 640-649 Home Economic and Family Living (Kesejahteraan Rumah Tangga dan Kehidupan Keluarga) > 649.7 Moral and Character Training (Pelatihan Pembentukan Moral dan Karakter untuk Anak-anak)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 08 May 2019 03:19
Last Modified: 24 May 2019 04:05
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8318

Actions (login required)

View Item View Item