Ratna, (2018) Implementasi Pendidikan Karakter (Percaya Diri, Mandiri, Dan Tanggung Jawab) Melalui Keterampilan Menulis Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Negeri Cingcin 01. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43474.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan dan informasi penelitian mengenai implementasi pendidikan karakter melalui keterampilan menulis pada pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar negeri Cingcin 01. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui keterampilan menulis pada pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar negeri Cingcin 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik penelitian triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, data instrumen yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (l) pendidikan karakter sudah diintegrasikan pada perencanaan keterampilan menulis dalam silabus dan RPP; (2) secara keseluruhan pendidikan karakter sudah di implementasikan pada pelaksanaan keterampilan menulis; (3) penilaian pendidikan karakter seluruhnya diimplementasikan pada pembelajaran keterampilan menulis; ( 4) secara keseluruhan implementasi pendidikan karakter menunjukkan hasil melalui keterampilan menulis; (5) kendala implementasi pendidikan karakter melalui keterampilan menulis yaitu memadukan nilai-nilai karakter dengan materi pelajaran, terbatasnya buku-buku pelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui keterampilan menulis di sekolah dasar negeri Cingcin 01 sudah sepenuhnya dilaksanakan oleh guru.
Actions (login required)
View Item |