Widyastuti, Erna (2018) Pengaruh Pembelajaran Stem Science Technology Engineering And Mathematics Education (STEM) Dan Kreativitas Dalam Memecahkan Masalah Terhadap Hasil Belajar IPA. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43540.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Salah satu upaya untuk memajukan kualitas pendidikan diantaranya dengan melakukan peningkatan hasil belajar. Hasil belajar bisa berubah dengan model pembelajaran yang relevan dan menaikkan kreativitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh pembelajaran STEM dan pembelajaran kooperatif Jigsaw2 terhadap hasil belajar IPA; (2) pengaruh kreativitas dalam memecahkan masalah terhadap hasil belajar IPA; (3) interaksi antara pembelajaran STEM dan kreativitas dalam memecahkan masalah terhadap hasil belajar IPA. Metode penelitian yang digunakan quasi eksperimen dengan desain The matching only Pretest Posttest Control Group Design dilaksanakan di kelas 5 pada 4 sekolah dasar yang terdiri dari dua sekolah sebagai kelas eksperimen dan dua sekolah sebagai kelas kontrol, Pengumpulan data dilakukan dengan pre-test dan post-test serta tes kreativitas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang diajarkan melalui pembelajaran STEM dan metode pembelajaran tipe jigsaw 2 dengan nilai F=7,874 dan nilai sig = 0,006; (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA dengan kreativitas tinggi dan hasil belajar IPA dengan kreativitas rendah dengan F = 7,111 dan nilai sig = 0,009; (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas. Namun, siswa mempunyai persepsi yang positif terhadap pembelajaran STEM. Siswa yang melaksanakan aktivitas melalui pembelajaran STEM terlatih untuk berkolaborasi dengan memahami dan menghargai orang lain, melakukan aktualisasi diri, memodifikasi produk. menyikapi inovasi di era global.
Actions (login required)
View Item |