Pengaruh Pembelajaran Stem Science Technology Engineering And Mathematics Education (STEM) Dan Kreativitas Dalam Memecahkan Masalah Terhadap Hasil Belajar IPA

Widyatusti, Erna (2018) Pengaruh Pembelajaran Stem Science Technology Engineering And Mathematics Education (STEM) Dan Kreativitas Dalam Memecahkan Masalah Terhadap Hasil Belajar IPA. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43540.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Salah satu upaya untuk memajukan kualitas pendidikan diantaranya dengan melakukan peningkatan hasil belajar. Hasil belajar bisa berubah dengan model pembelajaran yang relevan dan menaikkan kreativitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh pembelajaran STEM dan pembelajaran kooperatif Jigsaw2 terhadap hasil belajar IPA; (2) pengaruh kreativitas dalam memecahkan masalah terhadap hasil belajar IPA; (3) interaksi antara pembelajaran STEM dan kreativitas dalam memecahkan masalah terhadap hasil belajar IPA. Metode penelitian yang digunakan quasi eksperimen dengan desain The matching only Pretest Posttest Control Group Design dilaksanakan di kelas 5 pada 4 sekolah dasar yang terdiri dari dua sekolah sebagai kelas eksperimen dan dua sekolah sebagai kelas kontrol, Pengumpulan data dilakukan dengan pre-test dan post-test serta tes kreativitas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang diajarkan melalui pembelajaran STEM dan metode pembelajaran tipe jigsaw 2 dengan nilai F=7,874 dan nilai sig = 0,006; (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA dengan kreativitas tinggi dan hasil belajar IPA dengan kreativitas rendah dengan F = 7,111 dan nilai sig = 0,009; (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas. Namun, siswa mempunyai persepsi yang positif terhadap pembelajaran STEM. Siswa yang melaksanakan aktivitas melalui pembelajaran STEM terlatih untuk berkolaborasi dengan memahami dan menghargai orang lain, melakukan aktualisasi diri, memodifikasi produk. menyikapi inovasi di era global.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43540.pdf
Uncontrolled Keywords: STEM, kreativitas, sekolah dasar. Sains, creativity, elementary school, science.
Subjects: 200 Religion > 200-209 Religious Mythology, Social Theology (Mitos Keagamaan, Teologi Sosial)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 27 May 2019 03:00
Last Modified: 27 May 2019 03:00
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8481

Actions (login required)

View Item View Item