Indayati, (2017) Pengembangan Bahan Ajar Membaca Intensif Teks Bahasa Indonesia Berbasis Karakter Di Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43611.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (22MB) |
Abstract
Pembelajaran membaca intensif teks Bahasa Indonesia merupakan bagian pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Temuan di lapangan hasil evaluasi masih di bawah KKM 75 (72 %), Pembelajaran masih kurang maksimal dan kurang menyentuh karakter siswa. Hal ini disebabkan ketersediaan bahan ajar hanya dari pemberian pemerintah dan kurang bervariasi serta kurang memberikan ruang gerak guru dalam menyampaikan pesan-pesan moral. Berdasarkan fenomena ini diperlukan penelitian pengembangan bahan ajar pendamping yang lebih bervariasi dan mendukung pembentukan karakter bagi siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN Pakunden 2 Blitar, dengan tujuan menghasilkan bahan ajar bahasa Indonesia terintegrasi dengan pembelajaran berbasis karakter di kelas IV Sekolah Dasar. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model Borg & Gall dengan langkah-langkah penelitian yang mengalami modifikasi berdasarkan kebutuhan penelitian. Hasil pengembangan bahan ajar telah memenuhi kriteria sangat valid berdasarkan penilaian dua validator dengan tingkat kevalidan 97%. Keefektifan bahan ajar dilihat dari penilaian observasi guru (97%) dengan kategori sangat baik dan ketuntasan rata•rata evaluasi belajar setiap siswa 85% dan klasikal 100%, hasil keduanya telah menunjukkan telah memenuhi ketetapan yaitu 75%. Kepraktisan bahan ajar ditentukan berdasarkan respon guru ( 98% ) dan siswa (87%). Hasil tersebut masuk kategori sangat praktis. Dengan demikian bahan ajar membaca intensif teks bahasa Indonesia berbasis karakter di kelas IV Sekolah Dasar baik dan layak untuk. digunakan sebagai pendamping bahan ajar yang sudah ada.
Actions (login required)
View Item |