Pengembangan Bahan Ajar Membaca Intensif Teks Bahasa Indonesia Berbasis Karakter Di Kelas IV Sekolah Dasar

Indayati, (2017) Pengembangan Bahan Ajar Membaca Intensif Teks Bahasa Indonesia Berbasis Karakter Di Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43611.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (22MB)

Abstract

Pembelajaran membaca intensif teks Bahasa Indonesia merupakan bagian pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Temuan di lapangan hasil evaluasi masih di bawah KKM 75 (72 %), Pembelajaran masih kurang maksimal dan kurang menyentuh karakter siswa. Hal ini disebabkan ketersediaan bahan ajar hanya dari pemberian pemerintah dan kurang bervariasi serta kurang memberikan ruang gerak guru dalam menyampaikan pesan-pesan moral. Berdasarkan fenomena ini diperlukan penelitian pengembangan bahan ajar pendamping yang lebih bervariasi dan mendukung pembentukan karakter bagi siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN Pakunden 2 Blitar, dengan tujuan menghasilkan bahan ajar bahasa Indonesia terintegrasi dengan pembelajaran berbasis karakter di kelas IV Sekolah Dasar. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model Borg & Gall dengan langkah-langkah penelitian yang mengalami modifikasi berdasarkan kebutuhan penelitian. Hasil pengembangan bahan ajar telah memenuhi kriteria sangat valid berdasarkan penilaian dua validator dengan tingkat kevalidan 97%. Keefektifan bahan ajar dilihat dari penilaian observasi guru (97%) dengan kategori sangat baik dan ketuntasan rata•rata evaluasi belajar setiap siswa 85% dan klasikal 100%, hasil keduanya telah menunjukkan telah memenuhi ketetapan yaitu 75%. Kepraktisan bahan ajar ditentukan berdasarkan respon guru ( 98% ) dan siswa (87%). Hasil tersebut masuk kategori sangat praktis. Dengan demikian bahan ajar membaca intensif teks bahasa Indonesia berbasis karakter di kelas IV Sekolah Dasar baik dan layak untuk. digunakan sebagai pendamping bahan ajar yang sudah ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43611.pdf
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, teks bahasa Indonesia, karakter, Material, Indonesia text, Character.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.6 Language Skills for Elementary Education (Kemampuan Berbahasa untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 29 May 2019 03:58
Last Modified: 29 May 2019 03:58
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8524

Actions (login required)

View Item View Item