Pengaruh Penggunaan Media Audio-Visual dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SDN 020 Tanah Grogot

Badaruddin, (2018) Pengaruh Penggunaan Media Audio-Visual dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SDN 020 Tanah Grogot. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43913.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan bagian dari pembelajaran yang sangat penting untuk dibelajarkan dalam proses pembelajaran di sekolah. Diperlukan inovasi dalam membelajarkan siswa pada pembelajaran IPA di SD. Pada proses pembelajaran diperlukan penggunaan media pembelajaran yang tepat dalam membelajarkan siswa agar apa yang diharapkan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa, (2) pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa, (3) pengaruh penggunaan media audio visual dan kreativias siswa terhadap hasil belajar siswa.Penelitian ini dilaksanakan pada kelas V di SDN 020 Tanah Grogot dengan desain yang digunakan adalah non equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yaitu 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol, instrument yang digunakan berupa tes tertulis pengukur pengetahuan awal dan hasil belajar kognitif serta angket untuk mengukur kreativitas siswa. Teknis analisis dalam penelitian ini menggunkan uji analsis kovarian (anacova). Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian (1) ada perbedaan hasil belajar antar siswa yang belajar dengang menggunakan media audio visual dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil statistik diperoleh nilai sig. 0,001 < 0,05, (2) ada pengaruh kreativias siswa terhadap hasil belajar. Hasil ini sesuai dengan hasil statistik dimana nilai sig. 0,002 < 0,05. (3) terdapat pengaruh penggunaan media audio visual dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar. Hali ini ditunjukkan dari data statistik dengan nilai sig. 0,14 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media audio visual dan kreativitas terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 20/43913.pdf
Uncontrolled Keywords: Audio Visual Media, Creativity, Learning Outcomes, Media Audio Visual, Kreativitas, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 18 Mar 2020 10:20
Last Modified: 29 Jan 2021 07:21
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8925

Actions (login required)

View Item View Item